Gadget

Game Konsol di iPhone 15 Pro Gagal Populer

Game triple AAA
Game triple AAA di iPhone 15 gagal laku. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Pengguna iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dapat memainkan game AAA seperti Resident Evil Village dan Assassin's Creed Mirage berkat fitur ray tracing pada chip A17 Pro. Namun, game kelas konsol ini ternyata tidak populer di kalangan pengguna iPhone.

Laporan terbaru dari Appfigures mengungkapkan bahwa permintaan untuk game AAA di perangkat mobile seperti iPhone tidak setinggi yang diharapkan. Bahkan, game AAA yang dioptimalkan untuk iPhone ini disebut sebagai 'flop' atau produk gagal.

Selain itu, Appfigures berspekulasi bahwa Apple mungkin membayar perusahaan seperti Ubisoft dan Capcom untuk menghadirkan game mereka di iPhone sebagai cara untuk mempromosikan spesifikasi hardware pada perangkat terbarunya.

Data Appfigures menunjukkan bahwa Assassin's Creed Mirage telah diunduh lebih dari 123.000 kali sejak diluncurkan pada 6 Juni lalu. Namun, jumlah pengguna yang membayar USD 49,99 untuk memainkan game secara penuh tidak mencapai 3.000 orang.

Laporan ini juga menyebutkan bahwa jumlah unduhan harian rata-rata untuk Assassin's Creed Mirage tidak mencapai 3.000. Angka ini cukup rendah dibandingkan dengan game mobile gratis yang tersedia di App Store.

Sebagai perbandingan, game seperti Assassin's Creed Rebellion yang dirancang khusus untuk mobile gaming telah diunduh hampir dua juta kali dalam periode yang sama saat game tersebut pertama kali diluncurkan, dengan pendapatan kotor 612% lebih besar dari Assassin's Creed Mirage.

Resident Evil 4 yang dirilis untuk iOS pada Desember 2023 juga mencatat angka yang kurang mengesankan, dengan jumlah unduhan 357.000 tetapi hanya 7.000 yang membayar USD 29,99 untuk memainkan game secara penuh. Sedangkan untuk Resident Evil Village, sekitar 5.750 orang membayar USD 15,99 untuk memainkan game secara penuh.

Head of Content Appmagic, Andrei Zubov, meyakini bahwa pengguna iPhone dan ponsel pada umumnya lebih memilih memainkan game kasual yang dirancang untuk dikontrol menggunakan sentuhan dan dapat dimainkan dalam waktu singkat, seperti mengutip dari 9to5Mac pada Selasa (02/07/2024).

Game AAA biasanya memerlukan kontrol fisik untuk pengalaman bermain yang lebih baik. Selain itu, layar iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dianggap terlalu kecil untuk memainkan game AAA secara optimal.

Saat ini, hanya iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max yang mendukung game AAA, serta iPad dengan chip M1 atau yang lebih baru. Batasan hardware ini juga membatasi jumlah pemain yang dapat menikmati game-game tersebut.

Berita Terkait