Gadget

Samsung Galaxy S25 Ultra Akan Dapatkan Upgrade Kamera Ultrawide dan Telephoto

Samsung Galaxy S25 Ultra
Samsung Galaxy S25 Ultra dikabarkan bakal dapat upgrade kamera Ultrawide dan Telephoto. (screenshot Galaxy S24 @samsung.com)

PasundanEkspres - Bocoran tentang Samsung Galaxy S25 Ultra mulai muncul meski ponsel ini baru akan dirilis tahun depan. Dikabarkan bahwa ponsel flagship Samsung ini akan membawa sejumlah peningkatan pada kameranya.

Informasi ini berasal dari tipster Ice Universe melalui unggahannya di Weibo. Ia mengungkapkan bahwa Galaxy S25 Ultra masih akan dilengkapi dengan empat kamera belakang.

Laporan dari Ice Universe ini muncul tak lama setelah bocoran dari tipster lain yang menyebutkan bahwa Samsung akan mengurangi jumlah kamera belakang Galaxy S25 Ultra menjadi tiga. Namun, rumor ini segera dibantah oleh tipster lain, termasuk Ice Universe dan Revegnus.

Lebih lanjut, Ice Universe menyatakan bahwa Galaxy S25 Ultra akan tetap mempertahankan kamera utama 200 MP dan kamera telephoto 50 MP dengan optical zoom 5x.

Peningkatan yang dimaksud akan diberikan pada kamera ultrawide dan kamera zoom 3x. Ice Universe mengklaim bahwa Galaxy S25 Ultra akan dilengkapi dengan kamera ultrawide 50 MP dan kamera zoom 3x yang juga ditingkatkan menjadi 50 MP.

Sebagai informasi, saat ini Galaxy S24 Ultra dilengkapi dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 200 MP, kamera periskop 5x 50 MP, kamera telephoto 3x 10 MP, dan kamera ultrawide 12 MP.

Peningkatan untuk kamera zoom 3x ini sudah lama dinantikan. Pasalnya, Samsung telah menggunakan kamera 10 MP sejak Galaxy S21 Ultra yang dirilis pada tahun 2021.

Kamera telephoto dengan resolusi tinggi memungkinkan penggunaan pixel-binning pada lensa ini, yang bisa meningkatkan kualitas foto zoom 3x dan foto portrait dalam kondisi minim cahaya, seperti dikutip dari Android Authority.

Selain itu, beberapa ponsel juga memanfaatkan kamera telephoto untuk mengambil foto makro, jadi kamera telephoto dengan resolusi tinggi dan dukungan makro di Galaxy S25 Ultra bisa menghasilkan foto close-up yang lebih detail.

Sementara itu, kamera ultrawide 50 MP juga mulai banyak digunakan oleh ponsel flagship lain seperti Xiaomi 14 dan Google Pixel 8 Pro. Kamera ultrawide dengan resolusi tinggi memungkinkan pengambilan foto low-light yang lebih baik berkat teknologi pixel-binning.

Berita Terkait