Gadget

Apple Watch Series 10 Resmi Diluncurkan dengan Desain Layar Lebih Besar dan Bodi Lebih Ramping

Apple Watch Series 10
Apple Watch Series 10 dirilis kini punya desain layar yang lebih lebar dan bodi yang lebih ramping. (Foto: Dok. Apple)

PasundanEkspres - Apple secara resmi memperkenalkan Apple Watch Series 10 dengan sejumlah perubahan signifikan. Smartwatch ini hadir dengan layar yang lebih besar namun dengan bodi yang lebih tipis.

Apple Watch Series 10 tersedia dalam dua ukuran, yaitu 42mm dan 46mm, dengan pilihan material aluminium dan titanium.

Produk terbaru ini dirancang 10% lebih tipis dibandingkan tiga generasi sebelumnya dan memiliki bobot yang 10% lebih ringan dibandingkan Apple Watch Series 9.

Bobotnya bahkan 20% lebih ringan dibandingkan casing baja tahan karat yang dimiliki Apple Watch Series 9. Casing tersebut kini memiliki sudut yang lebih membulat dan rasio aspek yang lebih lebar, memberikan tampilan layar yang terasa jauh lebih besar meskipun ukuran casing hanya bertambah sedikit, yakni menjadi 42 mm dan 46 mm.

Apple Watch Series 10 menawarkan area layar aktif yang lebih luas hingga 30% dibandingkan Apple Watch Series 4, Series 5, dan Series 6. Selain itu, layarnya 9% lebih luas dibandingkan Apple Watch Series 7, Series 8, dan Series 9. Hal ini tentu mempermudah pengguna dalam membaca pesan dan menggunakan aplikasi seperti Pesan, Mail, atau News.

Layar yang lebih besar juga memungkinkan tampilan baris teks tambahan atau memperbesar ukuran font tanpa mengganggu konten. Selain itu, layar ini memudahkan pengguna dalam mengetik pesan, menjeda aktivitas olahraga, atau memasukkan kode sandi.

Apple Watch Series 10 menjadi produk pertama dari Apple yang menggunakan layar OLED LTPO3 dengan tingkat kecerahan hingga 2000 nit dan efisiensi daya yang lebih tinggi. Layar ini 40% lebih terang dibandingkan Series 9 saat dilihat dari sudut tertentu, sehingga lebih mudah dibaca dengan sekilas.

Layar OLED sudut lebar ini juga lebih hemat daya, memungkinkan refresh rate yang lebih cepat ketika mode selalu aktif diaktifkan, dari satu menit sekali menjadi satu detik sekali. Kini, pengguna dapat melihat jarum detik yang berdetak tanpa harus mengangkat pergelangan tangan mereka.

Dari segi performa, Apple Watch Series 10 dilengkapi dengan chip S10 SiP dan Neural Engine 4-core bawaan yang mendukung fitur pintar seperti Siri pada perangkat, serta deteksi jatuh yang didukung oleh WatchOS 11. Baterai Apple Watch Series 10 dapat bertahan hingga 18 jam.

Apple juga menambahkan kemampuan untuk mendeteksi sleep apnea dengan menggunakan akselerometer pada jam tangan yang memantau gerakan kecil di pergelangan tangan terkait gangguan pada pola pernapasan. Data tersebut dilacak melalui metrik baru yang disebut Gangguan Pernapasan.

Apple Watch Series 10 juga dilengkapi dengan speaker internal yang ditingkatkan, memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu dan podcast dengan lebih baik. Selain itu, fitur pengurangan kebisingan latar belakang juga telah ditambahkan untuk meningkatkan kualitas panggilan telepon dan audio FaceTime.

Apple menjanjikan masa pakai baterai hingga 18 jam dan memperkenalkan fitur pengisian daya cepat. Hanya dengan 15 menit pengisian, pengguna dapat menikmati hingga 8 jam penggunaan normal.

Bagi yang tertarik, Apple Watch Series 10 akan segera hadir di Indonesia. Namun, peluncuran awal akan dilakukan di 49 negara, termasuk Singapura dan Malaysia. Harga yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

- Apple Watch Series 10 42 mm aluminium WiFi dijual mulai dari USD 399 atau sekitar Rp 6,2 juta.

- Apple Watch Series 10 42 mm titanium WiFi dijual mulai dari USD 699 atau sekitar Rp 10,8 juta.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua