Gadget

Laptop Bisnis Acer Sudah Siap Sambut Era AI

Laptop Bisnis Acer
Laptop Bisnis Acer siap menyambut era AI. (screenshot @acer.com)

PasundanEkspres - Acer siap menyambut era kecerdasan buatan (AI) generatif dengan deretan produk terbarunya, termasuk laptop bisnis yang dilengkapi dengan teknologi khusus untuk menyelesaikan berbagai tugas terkait AI.

Products and Solutions Director Acer Indonesia, Riko Gunawan, menyatakan bahwa kehadiran laptop AI masih sangat baru sehingga pasarnya belum signifikan. Namun, Riko memprediksi teknologi ini akan mendorong konsumen dan pelaku usaha untuk mulai mengadopsi laptop AI.

"Karena kita tahu AI ini nggak bisa dipungkiri sangat membantu sekali, baik untuk personal, pelajar, maupun pelaku usaha. Acer berupaya menghadirkan perangkat-perangkat yang bisa mendukung AI agar lebih optimal," ujar Riko dalam media briefing di Jakarta, Rabu (5/6/2024).

Acer sejauh ini telah merilis sejumlah laptop AI di Indonesia, termasuk Swift X 14 AI dan Swift Go 14 AI. Kedua laptop ini dilengkapi dengan prosesor Intel Core Ultra generasi terbaru dan neural processing unit (NPU) untuk meningkatkan performa fungsi AI.

Selain dari sisi hardware, Acer juga menyediakan dukungan software melalui AI Zone. Beberapa fitur AI yang tersedia antara lain Acer LiveArt, Acer AlterView, dan GIMP yang didukung oleh Intel Stable Diffusion untuk membuat gambar hanya dengan modal prompt teks.

Products and Solutions Director Acer Indonesia Riko Gunawan Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Acer juga merupakan salah satu vendor yang merilis laptop Copilot+ PC yang diumumkan pada akhir Mei lalu. Laptop tersebut, yakni Swift 14 AI, merupakan laptop Copilot+ PC pertama dari Acer.

Acer Swift 14 AI hadir dalam beberapa varian yang ditenagai oleh platform Snapdragon X Elite dan Snapdragon X Plus. Laptop ini juga dilengkapi dengan salah satu NPU tercepat di dunia untuk laptop, memungkinkan pemrosesan AI di dalam perangkat.

Riko menambahkan bahwa ke depannya lini laptop bisnis Acer, termasuk lini Travelmate, akan dilengkapi dengan AI. Mengenai kapan Acer akan membawa laptop Copilot+ PC pertamanya ke Indonesia, Riko tidak memberikan jawaban spesifik, namun ia memastikan produk tersebut akan dirilis di Tanah Air.

Berita Terkait