Gadget

Apple Sukses Produksi iPhone, Kini Pertimbangkan Produksi Casing iPad dan AirPod di India

Apple Produksi casing iPad dan AirPod
Apple berencana produksi casing iPad dan AirPod di India. (screenshot iPad Pro 2024 @apple.com)

PasundanEkspres - Apple dilaporkan tengah mempertimbangkan kembali rencananya untuk memproduksi iPad di India, didorong oleh inisiatif pemerintah yang bertujuan menarik lebih banyak rantai pasokan ke negara tersebut.

Selain itu, raksasa teknologi ini juga dikatakan tengah mengincar Kota Pune, India untuk memproduksi casing AirPod. Apple kemungkinan akan melanjutkan pencarian mitra manufaktur di India setelah upaya sebelumnya untuk berkolaborasi dengan BYD China dalam produksi iPad di negara tersebut dihentikan akibat pembatasan pemerintah.

Selain meningkatkan kemampuan produksi iPhone, Apple juga berupaya meningkatkan produksi komponen untuk wadah pengisian daya nirkabel AirPod melalui Jabil, sebuah perusahaan manufaktur di India.

Apple juga dilaporkan berencana memulai produksi AirPods true wireless stereo (TWS) di India mulai awal tahun depan, sebagaimana dilansir dari PasundanEkspres mengutip Benzinga, Selasa (9/7/2024).

Apple telah memulai uji coba produksi komponen untuk casing pengisian daya nirkabel di Pune bersama Jabil, dan sedang mempertimbangkan pengaturan serupa dengan Foxconn Taiwan.

Setelah pengujian kualitas dan persetujuan, Jabil berencana meningkatkan produksi komersial komponen-komponen ini untuk casing pengisian daya nirkabel AirPods.

Pemerintah India juga dikatakan mendesak Apple untuk mempertimbangkan produksi laptop dan desktop di India di masa depan. Perusahaan ini dilaporkan telah membagikan rencana ambisius untuk pasar India selama dua hingga tiga tahun ke depan, termasuk membangun rantai pasokan alternatif di negara tersebut.

Tahun lalu, Apple mengalihkan upaya pengembangan produk iPad-nya ke Vietnam bekerja sama dengan BYD, menyusul tantangan dalam mendapatkan persetujuan untuk mendirikan operasi manufaktur iPad di India.

Apple meningkatkan produksi lokal dari model-model iPhone andalannya di India dengan Foxconn dan Tata Electronics, dengan tujuan memproduksi sebagian besar, yaitu seperempat dari seluruh iPhone di India dalam tiga hingga empat tahun ke depan.

Perkembangan ini diharapkan dapat meningkatkan ekosistem manufaktur lokal, menciptakan lapangan pekerjaan, dan berkontribusi pada ekonomi India. Hal ini juga akan memposisikan India sebagai pemain kunci dalam strategi rantai pasokan global Apple.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua