Gadget

Tecno dan Oppo Pamerkan Ponsel Lipat 3 Layar, Bisa jadi Laptop Mini Loh!

Tecno phantom ultimate 2
Oppo dan Tecno pamerin ponsel lipat dengan tiga layar. (screenshot @GSM Arena)

PasundanEkspres - Perangkat HP dengan layar lipat terus mengalami perkembangan sejak diperkenalkan enam tahun lalu. Perangkat dengan tiga layar lipat diprediksi akan menjadi tren di masa mendatang, seperti yang baru-baru ini dipamerkan oleh Oppo dan Tecno.

Zhou Yibao, Manajer Produk lini Oppo Find, membagikan gambar render dari perangkat dengan tiga layar lipat. Desain perangkat ini menunjukkan dua komponen engsel, layar utama yang hampir tidak memiliki bingkai, dan bagian belakang yang dilapisi kulit imitasi.

Perangkat ini tampaknya menggunakan versi modifikasi dari antarmuka ColorOS buatan Oppo, dengan widget besar dan bilah tugas yang menonjol. Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi dari perangkat ini.

Sementara itu, Tecno juga memperkenalkan konsep HP baru bernama Phantom Ultimate 2. Perangkat ini memiliki layar lipat tiga yang bisa diperluas dari ukuran 6,48 inci menjadi 10 inci, sebanding dengan ukuran tablet.

Panel perangkat ini menggunakan teknologi OLED LTPO dengan resolusi 1.60 x 2.880 piksel dan rasio aspek 4:3. Tecno mengklaim bahwa Phantom Ultimate 2 adalah HP layar lipat pertama yang menggunakan teknologi TDDI, yang mengintegrasikan driver layar dan sensor sentuh dalam satu chip.

Selain itu, perangkat ini mendukung layar yang sangat tipis, hanya setebal 11 mm ketika dilipat sepenuhnya, berkat mekanisme engsel ganda yang dikembangkan oleh Tecno sendiri.

Adopsi engsel ganda juga memungkinkan pengurangan lipatan di tengah layar. Tecno menguji mekanisme engsel tersebut hingga 300.000 kali lipatan. Mereka juga mengembangkan penutup baterai tertipis di smartphone mana pun, dengan ketebalan hanya 0,25 mm.

Dengan layar yang besar, Phantom Ultimate 2 mendukung mode multi-jendela, memungkinkan pengguna menjalankan tiga aplikasi atau lebih secara bersamaan untuk pengalaman multitasking yang optimal.

Yang lebih menarik, Tecno Phantom Ultimate 2 menawarkan beberapa cara penggunaan yang unik, salah satunya adalah menjadikan HP ini sebagai laptop dengan bagian bawah yang dilipat untuk berfungsi sebagai keyboard virtual.

Tecno belum mengungkapkan rencana peluncuran perangkat dengan tiga layar lipat ini, tetapi HP konsep tersebut menunjukkan perkembangan yang menarik di pasar perangkat lipat.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua