Gadget

Realme 13 Pro Series Dilengkapi AI dan Pakai Sensor Sony LYT-701 Buat Pertama Kali

Realme 13 Pro
Realme 13 Pro dibekali sensor kamera Sony LYT-701. (screenshot @GSMarena)

PasundanEkspres - Spesifikasi kamera untuk Realme 13 Pro Series telah terungkap. Ponsel ini akan dilengkapi dengan sensor baru dari Sony, serta fitur fotografi AI. Realme 13 Pro+ bakal punya dua kamera belakang, dengan kamera utamanya menjadi yang pertama pakai sensor Sony LYT-701.

Kamera utama Realme 13 Pro Plus memiliki resolusi 50 MP dan dilengkapi dengan OIS. Kamera ini ditemani oleh kamera telefoto periskop 50 MP dengan sensor Sony LYT-600. Kamera periskop tersebut menawarkan pembesaran 3x (73mm) dan dikombinasikan dengan zoom dalam sensor pada LYT-600 yang dapat melakukan zoom lossless hingga 6x (146mm). Realme mengklaim bahwa kualitas gambarnya tetap terjaga hingga pembesaran 10x.

Kamera Realme 13 Pro+ juga memiliki perbedaan pada kamera utama 24mm dan ultra-wide 16 MP (0,6x).

Realme mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan HYPERIMAGE+, arsitektur fotografi AI pertama di industri ini. HYPERIMAGE+ menampilkan arsitektur tiga lapis yang terdiri dari optik unggulan, algoritma pencitraan AI di perangkat, dan pengeditan gambar AI berbasis cloud.

"Selama bertahun-tahun, industri ponsel cerdas telah bersaing dalam perlombaan untuk saling mengalahkan dalam hal perangkat keras imaging - megapiksel, ukuran sensor, dan teknologi lensa. Sementara smartphone terus memberikan fleksibilitas dan kontrol yang semakin meningkat kepada pengguna atas hasil jepretannya, kemajuan dalam solusi optik telah mencapai batasnya. Masa depan bukan hanya tentang perangkat keras saja. AI adalah medan perang baru di mana masa depan fotografi seluler akan ditentukan," kata Francis Wong, Kepala Pemasaran Produk Realme, dikutip dari Fonearena.

Algoritma AI HyperRAW diklaim bisa secara signifikan tingkatkan kejernihan gambar dan rentang dinamis untuk tangkap cahaya dan bayangan yang otentik dengan hasil yang sesuai dengan aslinya. Realme 13 Pro Series juga telah dibekali oleh serangkaian fungsi yang canggih, termasuk AI Pure Bokeh, AI Natural Skin Tone, dan AI Ultra Clarity buat fotografi potret.

"Dengan AI Pure Bokeh, kamera dapat secara akurat mengidentifikasi elemen latar depan, latar tengah, dan latar belakang dalam sebuah pemandangan, serta subjek yang sedang difoto. Hal ini kemudian digunakan untuk melakukan segmentasi objek pada tingkat piksel dan menerapkan pengoptimalan algoritme serta pemrosesan yang ditargetkan untuk menciptakan potret sinematik yang realistis dalam hitungan detik," ujar perusahaan.

Realme juga soroti fitur AI Group Enhance dan AI Smart Removal. Informasi lebih lanjut akan tersedia dalam beberapa hari mendatang, sebelum ponsel ini resmi diluncurkan akhir Juli ini.

Secara khusus, Realme 13 Pro+ telah menerima Sertifikasi Kamera Resolusi Tinggi dari organisasi pengujian, inspeksi, dan sertifikasi pihak ketiga independen internasional, TÜV Rheinland.

"Tak peduli bagaimana pencitraan seluler berkembang, kejernihan akan selalu menjadi dasar. Mulai dari menangkap cahaya halus fajar dan cahaya lembut lampu jalan, hingga memotret sinar matahari yang intens di alam, Realme 13 Pro Plus memastikan kejernihan gambar yang luar biasa di hampir semua lingkungan pencahayaan," ucap Sven-Olaf Steinke, General Manager of Certification at TÜV Rheinland Greater China.

Berita Terkait