Gadget

Asus Zenbook Duo, Laptop Inovatif dengan Dua Layar Siap Ramaikan Indonesia!

Asus Zenbook Duo (8406)
Asus Zenbook Duo (UX8406) bakal segera hadir di Indonesia. Foto: screenshot Zenbook (UX8406) @id.store.asus.com

PASUNDAN EKSPRES - Asus telah mengonfirmasi rencananya untuk segera menghadirkan Zenbook Duo (UX8406) di pasar Indonesia, sebuah laptop yang, sesuai dengan namanya, menonjol dengan kehadiran dua layar.

Zenbook Duo terbaru ini menampilkan dua layar sentuh Asus Lumina OLED dengan resolusi 3K 120Hz. Asus merancang laptop ini dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas penggunanya.

Dilengkapi dengan lima skenario penggunaan yang beragam, laptop yang meraih penghargaan Honoree di ajang CES 2024 ini menjanjikan fleksibilitas yang tinggi untuk berbagai aktivitas.

"Zenbook Duo mewakili puncak inovasi laptop tahun ini. Dengan desain inovatifnya yang menampilkan dua layar, laptop ini menjadi yang terbaik dalam hal produktivitas dan akan segera tersedia di Indonesia," ujar Jimmy Lin, Direktur Regional Asus untuk Asia Tenggara, dalam konferensi di Jakarta pada hari Selasa (27/2/2024).

Spesifikasi Zenbook Duo (UX8406)

Tidak hanya mengandalkan dua layar, Zenbook Duo juga dilengkapi dengan spesifikasi yang tangguh. Ditenagai oleh prosesor Intel Core Ultra 7 155H dengan Intel AI Boost NPU dan chip grafis Intel Arc, laptop ini dapat disebut sebagai laptop bertenaga kecerdasan buatan (AI-powered), yang memenuhi standar Intel Evo Edition.

Kedua layar yang dimiliki Zenbook Duo ini berukuran 14 inci dengan teknologi Asus Lumina OLED 3K (2880x1800 pixel) 120Hz. Dengan tingkat kecerahan maksimal 500 nits, rasio layar 16:10, dan rasio screen to body mencapai 91%, kedua layar ini juga mendukung teknologi layar sentuh dan kompatibel dengan Asus Pen 2.0 yang disertakan dalam paket penjualannya.

Berbagai mode penggunaan yang didukung meliputi mode laptop, mode laptop + keyboard virtual, mode dual layar + keyboard, mode desktop, dan mode berbagi.

Untuk mengoptimalkan penggunaan kedua layar ini, tersedia ScreenExpert, sebuah sistem perangkat lunak yang intuitif. Beberapa fitur yang ditawarkan antara lain penggunaan gesture untuk menampilkan keyboard virtual, mengganti mode layar, dan menjalankan banyak aplikasi dengan satu sentuhan.

Meskipun memiliki dua layar, Zenbook Duo tetap memiliki dimensi yang ringkas dengan ketebalan hanya 14,6mm dan bobot 1,35kg. Dengan pilihan port yang lengkap, termasuk dua port Thunderbolt 4, USB 3.2 Gen 1 Type-A, HDMI 2.1, dan jack audio 3.5 mm.

Dari segi performa, prosesor Intel Core Ultra 7 155H yang digunakan dipadukan dengan chip grafis Intel Arc, yang diklaim memiliki performa dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi sebelumnya.

Intel Arc juga mendukung teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, serta DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine.

Jadwal Rilis Zenbook Duo (UX8406)

Zenbook Duo (UX8406) dijadwalkan akan hadir di Indonesia pada awal bulan Maret 2024. Pemesanan dapat dilakukan melalui Asus Online Store (pra-pemesanan mulai dari 21 Februari - 6 Maret 2024) dan BliBli (pra-pemesanan mulai dari 1 - 6 Maret 2024).

Berita Terkait