Gadget

Bocoran iPhone SE 4 Ini Akan Bikin Penggemar Apple Tersenyum

iPhone SE 4
Bocoran terbaru iPhone SE 4 yang bikin penggemar tersenyum. (screenshot @macrumors.com)

PasundanEkspres - Apple dikabarkan akan merilis iPhone SE 4 pada tahun 2025. Bocoran informasi mengenai perangkat ini sudah lama beredar, namun yang terbaru dipastikan akan membuat para penggemar Apple tersenyum puas.

Selama ini, iPhone SE hanya dilengkapi dengan layar berpanel LCD. Namun, pada generasi terbarunya, hal ini tidak akan terjadi lagi.

Menurut laporan dari Nikkei Asia, Apple tidak lagi akan mengandalkan Japan Display dan Sharp untuk memasok layar iPhone. Padahal, kedua perusahaan tersebut pernah menyumbang 70% dari pasokan layar iPhone selama satu dekade terakhir.

Perubahan ini terjadi karena iPhone SE 4 akan menggunakan layar OLED. Raksasa teknologi asal Cupertino ini akan menggunakan panel OLED dari BOE China dan LG Display.

Layar OLED menawarkan kualitas yang jauh lebih baik dibandingkan dengan LCD karena tidak memerlukan lampu latar untuk memancarkan cahaya. Ini memungkinkan layar menampilkan warna yang lebih hidup dan kontras yang lebih tajam.

Layar OLED pertama kali diperkenalkan oleh Apple pada iPhone X pada tahun 2017, dan sejak itu panel ini hanya tersedia pada model iPhone Pro.

Namun, pada tahun 2020, Apple membuat gebrakan dengan memasang panel OLED pada iPhone 12.

Bocoran sebelumnya menyebutkan bahwa iPhone SE 4 akan mengikuti desain iPhone 14. Ini berarti tidak ada lagi bezel tebal dan tombol Home, melainkan ponsel ini akan menggunakan Face ID.

Ukuran layarnya juga akan lebih besar, dari 4,7 inci pada model sebelumnya menjadi 6,1 inci. Menariknya, iPhone SE 4 akan dilengkapi dengan chip A18, yang sama seperti yang digunakan pada iPhone 16 dan iPhone 16 Plus.

Chip ini akan didampingi oleh RAM 6GB atau 8GB. Jika rumor ini benar, tentu saja performa iPhone SE 4 akan mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan chip A15 Bionic yang digunakan pada iPhone SE 3. Dengan menggunakan chip A18, ponsel ini akan mampu menjalankan Apple Intelligence.

iPhone SE 4 juga dirumorkan akan memiliki kamera belakang 48 MP, naik dari 12 MP pada generasi sebelumnya. Ponsel ini juga akan menggunakan bodi aluminium dan port USB-C seperti varian iPhone modern lainnya. iPhone SE 4 kabarnya akan diluncurkan pada musim semi tahun 2025.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua