Internasional

Google akan Membawa AI ke Siaran Olimpiade Paris 2024 di Amerika Serikat

Google akan Membawa AI ke Siaran Olimpiade Paris 2024 di Amerika Serikat
Google akan Membawa AI ke Siaran Olimpiade Paris 2024 di Amerika Serikat (Image From: The Drum)

PASUNDAN EKSPRES - Google akan membawa AI ke siaran Olimpiade Paris di Amerika Serikat. Google mengumumkan bahwa perusahaannya akan menanamkan teknologi kecerdasan buatan (AI) ke dalam siaran Olimpiade Paris 2024 di Amerika Serikat.

Ini dilakukan melalui kemitraan dengan NBCUniversal dan Komite Olimpiade dan Paralimpiade Amerika Serikat.

Google akan Membawa AI ke Siaran Olimpiade Paris 

Dengan adanya teknologi AI ini, para komentator olahraga di siaran Olimpiade akan dapat menggunakan kecerdasan buatan untuk menjelaskan dan menganalisis pertandingan-pertandingan yang berlangsung. 

Dilansir dari Reuters, Jumat (19/7), Google telah diangkat sebagai mitra AI pencarian resmi dari Team USA, organisasi nirlaba olahraga. Ini merupakan kali pertama sebuah perusahaan teknologi bermitra dengan organisasi olahraga tersebut. 

NBCUniversal, yang menyiarkan Olimpiade di Amerika Serikat, telah memperbarui cara mereka menyajikan liputan Olimpiade untuk menarik perhatian penonton yang tidak lagi menonton televisi secara langsung dan pemirsa muda yang sudah terbiasa menonton konten secara online dalam bentuk klip-klip video.

BACA JUGA: Keikutsertaan 8 Atlet Palestina pada Olimpiade Paris 2024: Bukan Hanya Tanding Semata

BACA JUGA: Militer AS Akhiri Misi Dermaga Bantuan di Gaza, Dialihkan ke Pelabuhan Ashdod di Israel

NBCUniversal, yang dimiliki oleh Comcast, sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan rekap harian Olimpiade yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI) yang dipersonalisasi untuk penonton. Rekap harian tersebut akan dinarasikan oleh versi AI dari para komentator olahraga, seperti Al Michaels.

Selama liputan siang hari dan waktu tayang utama Olimpiade, penyiar NBCUniversal akan memanfaatkan teknologi AI Google Penelusuran untuk menjawab pertanyaan penonton terkait beberapa cabang olahraga.

Misalnya, penyiar akan menggunakan ikhtisar AI Google Penelusuran untuk menjelaskan kepada penonton pentingnya penugasan jalur kolam renang dalam kompetisi renang. 

Ikhtisar AI Google Penelusuran akan memberikan jawaban tertulis atas pertanyaan penelusuran yang diajukan, tanpa perlu penonton mengeklik tautan situs web. 

Teknologi AI ini akan membantu penyiar memberikan informasi yang akurat dan komprehensif kepada penonton saat menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.

Komedian terkenal Leslie Jones akan menjadi komentator olahraga di Paris. Untuk membantu mempersiapkan dirinya, Jones akan memanfaatkan model kecerdasan buatan Gemini yang dikembangkan oleh Google.

Dengan menggunakan Gemini, Jones berharap dapat mempelajari olahraga-olahraga baru secara cepat dan efektif, sehingga dapat memberikan analisis dan hiburan yang menarik bagi pemirsa. 

(ipa)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua