Internet

Top 5 Situs Referensi Buku Gratis untuk Mahasiswa dan Pelajar

Top 5 Situs Referensi Buku Gratis untuk Mahasiswa dan Pelajar (Sumber Foto CBC)
Top 5 Situs Referensi Buku Gratis untuk Mahasiswa dan Pelajar (Sumber Foto CBC)

PASUNDAN EKSPRES- Di era digital saat ini, mahasiswa memiliki akses lebih mudah untuk mencari sumber referensi tanpa harus datang ke perpustakaan.

Keberadaan internet memungkinkan mereka untuk menemukan buku, jurnal, dan artikel ilmiah secara instan. Namun, tidak semua situs menyediakan materi secara gratis.

Untuk membantu kamu menavigasi hutan informasi digital, Pasundan Ekspres.id telah merangkum Top 5 situs referensi buku gratis yang bisa diandalkan.

1. Library Genesis (Libgen)

Library Genesis atau lebih dikenal sebagai Libgen, adalah situs yang menyediakan berbagai jenis buku, novel, dan artikel ilmiah dengan lebih dari 2,7 juta buku dan 58 juta artikel.

Libgen menjadi tempat favorit bagi mahasiswa mencari referensi skripsi. Video di Youtube banyak memberikan panduan lengkap untuk mengunduh buku gratis di Libgen.

2. PDF Drive

PDF Drive adalah situs download buku gratis dengan lebih dari 100 juta jenis buku yang dapat diunduh dalam format PDF.

Kelebihannya terletak pada tampilan yang bersih dan navigasi yang sederhana, memudahkan pengguna dalam mencari dan mengunduh buku. Video tutorial di Youtube banyak yang memberikan panduan lengkap untuk memanfaatkan situs ini.

3. Book SC

Book SC adalah situs download buku gratis dengan bahasa Indonesia, menjadi andalan mahasiswa di Indonesia. Dengan lebih dari 4,9 juta buku dan 77 juta artikel ilmiah, Book SC mengklaim menyimpan koleksi artikel ilmiah terbesar di dunia.

Banyak video tutorial yang memberikan petunjuk cara mendapatkan buku gratis di Book SC.

4. Google Play Books

Google Play Books menyediakan buku digital gratis dan berbayar. Meski tidak semua buku gratis, situs ini tetap memberikan akses pada beberapa bagian penting dari buku berbayar, memudahkan mahasiswa mencari sumber teori referensi.

Video tutorial di YouTube banyak memberikan tips agar dapat membaca buku di Google Play Books secara efektif.

5. Open Library

Open Library adalah situs perpustakaan terbuka dengan konsep seperti perpustakaan offline.

Pengguna dapat membaca dan mengunduh buku secara gratis, namun, membutuhkan akun di Open Library. Panduan lengkap dapat ditemukan dalam video tutorial.

Dengan menggunakan sumber-sumber ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih mudah mengakses referensi tanpa harus merogoh kocek. 

Semoga artikel ini memberikan kemudahan dalam mencari sumber referensi di dunia digital. Jangan lupa untuk share, dan komen jika artikel ini bermanfaat!

Berita Terkait