Lifestyle

Ini Sejumlah Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan Tubuh, Udah Tahu Belum?

Ini Sejumlah Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan Tubuh, Udah Tahu Belum?
Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan Tubuh (Foto: Freepik/jcomp)

PASUNDAN EKSPRES - Simak selengkapnya informasi mengenai manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh.

Banyak sekali jenis kacang-kacangan yang ada di sekitar kita dan ada beberapa jenis kacang yang kita pakai untuk memasak makanan.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang mudah ditemukan dan sering dijadikan olahan makanan atau minuman adalah kacang merah.

BACA JUGA:Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Meningkatkan Sistem Imun

Tahukah kamu kalau kacang merah memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh sebab diperkaya kandungan gizi seperti zat besi, protein, kalium, serat, kalsium, vitamin C, dan lain-lain.

Buat kamu yang ingin tahu informasi ini, simak selengkapnya tentang manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:7 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah yang Jarang Diketahui

Manfaat Kacang Merah bagi Kesehatan Tubuh
1. Bantu Turunkan Berat Badan
Kacang merah seringkali menjadi olahan diet karena memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi yang membuat perut kenyang lebih lama.

Protein bekerja untuk memperlambat proses pencernaan karbohidrat sehingga kamu tidak cepat lapar dan bisa mengontrol waktu makan serta porsi makan dengan teratur.

2. Sumber Energi Untuk Tubuh
Manusia membutuhkan banyak energi dalam tubuhnya sehingga harus banyak mengonsumsi makan-makanan bergizi, salah satunya mengonsumsi kacang merah.

Kacang merah mengandung karbohidrat kompleks, protein dan serat yang memberikan energi pada tubuh sehingga manusia bisa menjalani aktivitasnya dengan lancar.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Naga untuk Wanita!

3. Mencegah Diabetes
Kacang merah mempunyai kandungan serat di dalamnya yang bisa mencegah diabetes karena membantu menjaga agar glukosa tidak dilepas dalam darah terlalu cepat.

Selain itu, kacang merah juga mengandung karbohidrat kompleks serta kacang ini bermanfaat untuk mencegah resistensi insulin yang berisiko meningkatkan kadar gula darah pengidap diabetes.

4. Menjaga Kesehatan Tulang
Seiring bertambahnya usia, tulang akan mengalami kehilangan kepadatan yang mengakibatkan risiko patah tulang dan osteoporosis.

Kacang merah juga ternyata mengandung kandungan mangan, kalsium, dan magnesium yang mendukung pembentukan sel-sel tulang dan mempertahankan kepadatannya.

BACA JUGA:10 Manfaat Air Kelapa Muda!

5. Mencegah Penuaan Dini
Antioksidan yang tinggi yang terdapat dalam kacang merah bisa mencegah penuaan dini pada kulit akibat radikal bebas yang terdapat dalam tubuh.

Bahkan, kacang merah mengandung antioksidan paling tinggi dibanding kacang-kacang lainnya karena semakin gelap warna kacang, semakin tinggi juga kandungan antioksidannya. (inm)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua