Lifestyle

Hukum Menggunakan Make Up Waterproof, Apa Wudhu dan Sholatnya Sah?

Buya yahya
Hukum Menggunakan Make Up Waterproof, Apa Wudhu dan Sholatnya Sah? (Dok Youtube Al-Bahjah TV)

PASUNDAN EKSPRES - Hukum Menggunakan Make Up Waterproof, menggunakan make up bagi setiap perempuan merupakan salah satu penunjang penampilan agar terlihat lebih cantik dan memikat. 

Selain itu, ada banyak jenis make up yang bisa digunakan dalam penunjang penampilan. contohnya make up waterproof (tahah air). 

Dalam hal ini make up tersebut akan memberikan ketahan yang lama dari air. Namun apa Hukum Menggunakan Make Up Waterproof bisa menjadikan sholat tidak sah? 

 

BACA JUGA:Link Download Materi Kultum Ramadhan FDF 2024 Terbaru dan Update.

 

Jika kita melihat dalam Syarat Sah Wudhu dalam Ilmu Fiqih yang mengatakan bahwa tidak boleh ada penghalang air ke anggota wudhu. 

Berarti dalam hal ini tidak boleh ada benda yang bisa menghalangi anggota badan (wajah, tangah, kaki) yang dibasuh atau diusap. 

Jika ada benda yang menghalangi maka wudhu dikatakan tidak sah. Dalam hal ini jika yang mehalangi tersebut adalah make up watreproof apakah hukumnya sama? 

Syekh Imam Abu Sa'id Abdurahman Ibnu Ma'mun menjelaskan dalam Kitab Tatimmah dan kitab-kitab lain bahwa tidak boleh ada kotoran tipis maupun tebal yang menghalangi air masuk ke dalam kulit.

 

BACA JUGA:Contoh Hampers Lebaran yang Unik dan Berkesan

 

Imam Al-Baghawi juga berpendapat tentang hal tersebut bahkan kotoran atau hal-hal yang menghalangi wudhu itu dapat mencegah keabsahannya. 

Bahkan Buya Yahya menjalaskan bahwa menggunakan Make Up di perbolehkan asal dilakukannya setelah wudhu, itu tidak membatalkan sholat. 

Namun jika menggunakan Meke Up pada saat wudhu jelas membatalkan, karna menghalangi anggota badan yang terkena oleh Wudhu. 

"Boleh anda pake Make Up, Make Up tidak membatalkan Wudhu, dan boleh sholat pake Make Up. Asalkan pake Make Upnya setelah Wudhu," jelas Buya Yahya dalam YouTube Al-Bahjah. 

Buya juga menjelaskan bahwa hal yang mengahalangi wudhu tidak harus Make Up, bisa juga Cat, terasi, permen karet dll. 

 

BACA JUGA:Ide Hampers Unik dan Berkesan untuk Lebaran 2024

 

"Tidak harus make up, permen karet, cat, terasi. Ya macem-macem," ucap Buya Yahya. 

Lantas Apa Hukum Menggunakan Make Up Waterproof? 

Jika diperinci mengenai Hukum Menggunakan Make Up Waterproof itu akan tidak sah karna menghalangi air mesuk ke dalam kulit. 

Jadi dalam hal ini wudhu tidak sah jika anggota wudhu terhalang masuknya air ke dalam kulit. 

Untuk menanggulangi hal tersebut, kamu bisa menggunakan make up yang tidak tahan air karna itu tidak akan menghalangi masuknya air ke dalam anggota wudhu. 

Semoga Bisa menjawab Pertanyaan kalian, Terima Kasih! 

Berita Terkait