Lifestyle

Penyebab dan Cara Mengatasi Lipatan Hidung yang Terasa Perih

Penyebab dan Cara Mengatasi Lipatan Hidung yang Terasa Perih
Ilustrasi orang menyentuh hidung (dok.pexels.com/Ivan Samkov)

PASUNDAN EKSPRES - Pernah mengalami lipatan hidung yang terasa perih? Kira-kira apa penyebabnya, ya? Yuk, kita cari tahu lewat artikel di bawah ini. 

Tahu gak, sih area lipatan hidung yang terasa kering, perih, dan mengelupas bisa jadi menandakan kulit mengalami iritasi.

Penyebab Lipatan Hidung Terasa Perih

Penyebab dan Cara Mengatasi Lipatan Hidung yang Terasa Perih
Ilustrasi wajah (dok.pexels.com/Shiny Diamond)


Dilansir dari alodokter.com, keluhan lipatan hidung yang terasa perih ini dapat diperparah oleh adanya eksim, yaitu suatu kondisi peradangan pada kulit yang menimbulkan gatal dan bercak merah.

Dalam kasus lain, rasa perih dan panas di sekitar lekukan hidung juga dapat terjasi usai penggunaan produk perawatan kulit tertentu. 

Misalnya, saat menggunakan toner pada wajah justru membuat lipatan hidungmu terasa perih dalam waktu beberapa menit. 

Nah, penggunaan toner tersebut masih dianggap wajar yang disebabkan oleh kandungan dalam produk dapat memicu peradangan sementara. 

Namun, bisa juga perih dan panas ini menandakan lipatan hidungmu mengalami iritasi atau alergi terhadap produk tersebut. 

Adapun faktor lain menyebut, seperti infeksi kulit, sun burn, migrain, digigit serangga, ganguan psikis, nyeri kepala cluster, sinusitis, trigeminal neuralgia, dan sebagainya bisa juga mencetuskan rasa perih dan panas pada area lipatan hidung ini.

Perlu diperjelas, selain perih dan panas, apakah ada keluhan lain yang dialami. Misalnya, kemerahan, bengkak, melepuh, dan sebagainya? 

Apakah produk perawatan kulit tersebut digunakan atas rekomendasi dokter?

Apabila rasa perih dan panas ini bersifat ringan dan membaik sendirinya yang tidak disertai keluhan lain yang lebih berat, agaknya masih aman untuk tetap melanjutkan penggunaan produk perawatan kulit tersebut, asalkan sesuai rekomendasi dokter. 

Namun, bila rasa perih dan panas yang muncul amatlah mengganggu, atau bila produk perawatan kulit tersebut digunakan secara mandiri tanpa periksa dulu ke dokter, maka ada baiknya menghentikan penggunaannya dan periksakan diri ke dokter atau dokter kulit supaya diberikan penanganan yang tepat.

Untuk saat ini, agar perih dan panas membaik, coba lakukan tips di bawah ini. 

BACA JUGA:Makna dan Arti Pick Me Girl dan Pick Me Boy, Istilah Viral di 2023

BACA JUGA:Benarkan Karakter Orang Bisa Terbaca Lewat Golongan Darah? Cek Faktanya!

BACA JUGA:Perut Buncit Langsung Kempes, Cek Tips Mengecilkan Perut disini!

Cara Mengatasi Lipatan Hidung yang Terasa Perih

Penyebab dan Cara Mengatasi Lipatan Hidung yang Terasa Perih
Ilustrasi orang menyentuh hidung (dok.pexels.com/Ivan Samkov)

Cuci wajah dan bersihkan perlahan area sekitar lipatan hidungnya dengan sabun yang ringan.

Keringkan dengan handuk berserat lembut kulit wajah Anda sehabis dicuci, cukup ditepuk-tepuk, jangan digosok berlebihan.

Oleskan pelembab ke kulit wajah Anda secara merata, lanjut juga gunakan tabir surya.

Tidak dulu menggunakan kosmetika berlebihan atau sembarangan mengenakan produk skincare selain atas saran dokter.

Tidak memegang-megang wajah dengan tangan kotor.

Lindungi kulit wajah supaya tidak berkontak langsung dengan air kotor, sabun yang keras, sinar matahari, dan substansi iritatif lainnya.

Batasi konsumsi makanan pedas dan berminyak, perbanyak minum air putih, makan sayur, dan juga buah-buahan.

Apabila dalam 1-3 hari ke depan kondisi kulitmu masih belum membaik juga, silakan diperiksakan langusng ke dokter atau dokter kulit terdekat ya. 

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah dengan baik, gunakan tabir surya dan pelembab sebelum beraktifitas, serta hindari pajanan sinar matahari berlebihan (terutama antara pukul 9 pagi dan 3 sore).

Semoga membantu!

(nym) 

 

Berita Terkait