Nasional

Jokowi Groundbreaking Masjid Negara IKN, Telan Biaya Senilai Rp 940 Miliar

Jokowi Groundbreaking Masjid Negara IKN, Telan Biaya Senilai Rp 940 Miliar
Presiden RI Joko Widodo hadir dalam groundbreaking (peletakan batu pertama) Masjid Negara IKN di kawasan IKN (Ibu Kota Nusantara) pada Rabu (17/1). (Dok Istimewa)

PASUNDAN EKSPRES - Presiden RI Joko Widodo hadir dalam groundbreaking (peletakan batu pertama) Masjid Negara IKN di kawasan IKN (Ibu Kota Nusantara), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (17/1).

Ia mengatakan masjid yang dirancang tersebut berkapasitas 61 ribu jemaah yang ditargetkan akan selesai pada akhir tahun 2024.

Pembangunan Masjid Negara IKN ini memiliki nilai konstruksi sebesar Rp940 miliar dan akan dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti jalan dan jembatan.

"Saya berharap Masjid Negara ini akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan sarana untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt., tempat yang nyaman bagi umat muslim untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan, aktivitas sosial lainnya, dan menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di Ibu Kota Nusantara kita,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, di kawasan IKN tidak hanya dibangun masjid, namun akan dibangun sejumlah tempat ibadah, seperti gereja katedral, wihara, pura, dan kelenteng yang merepresentasikan kemajemukan Indonesia.

“Ini akan menunjukkan betapa kita ini sangat beragam, tetapi kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita,” tambahnya.

Ia menggambarkan masjid negara IKN akan dikelilingi oleh air dan akan dibangun embung buatan sehingga interior masjid terlihat indah, baik di dalam maupun di luar masjid.

Presiden berharap masjid negara IKN ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia.

"Saya ingin masjid yang akan dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi. (inm)

Berita Terkait