Nasional

Jadwal Operasi Patuh Lodaya 2024 di Jawa Barat Mulai 15 Juli hingga 28 Juli

Jadwal Operasi Patuh Lodaya 2024 di Jawa Barat Mulai 15 Juli hingga 28 Juli
Jadwal Operasi Patuh Lodaya 2024 di Jawa Barat Mulai 15 Juli hingga 28 Juli

PASUNDAN EKSPRES- Polda Jawa Barat akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2024 selama dua pekan, dimulai hari ini, Senin, 15 Juli 2024, hingga 28 Juli 2024.

Operasi ini dilakukan serentak oleh Polda di seluruh Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Kombes Pol. Kalingga Rendra, Irwasda Polda Jabar, menyatakan bahwa Polri, khususnya Polantas, bersama pemerintah memiliki tanggung jawab besar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

"Operasi ini merupakan bagian dari upaya menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas) setelah peringatan Hari Bhayangkara Tahun 2024 dengan tema 'Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas'," ujar Rendra melalui laman resmi Polda Jabar.

Sasaran Operasi

Operasi Patuh Lodaya 2024 menargetkan berbagai potensi gangguan yang dapat menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan lalu lintas. Sasaran utama operasi ini meliputi:

1. Pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan ponsel saat berkendara.

2. Pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur.

3. Pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar nasional Indonesia (SNI).

4. Pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

5. Pengendara yang melanggar rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas (APILL).

6. Pengendara yang melawan arus.

7. Pengendara yang melebihi batas kecepatan.

Pelaksanaan Operasi

Selain melakukan penindakan, Operasi Patuh Lodaya 2024 juga akan mengoptimalkan penggunaan tilang elektronik (ETLE) dan mengedepankan pendekatan humanis dalam memberikan himbauan kepada pengguna jalan.

"Diharapkan, operasi ini dapat membawa perubahan yang nyata dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, serta meningkatkan kepatuhan, ketertiban, dan disiplin dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polda Jabar," tambah Rendra.

Operasi Patuh Lodaya 2024 menjadi langkah konkret Polri dan pemerintah dalam mewujudkan lalu lintas yang aman dan tertib, sekaligus mendukung tercapainya visi Indonesia Emas.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua