News

Pada Tanggal 10 Maret, Fenomena Super New Moon Akan terjadi, BMKG Menekankan Pentingnya Waspada Terhadap Efeknya

Pada Tanggal 10 Maret, Fenomena Super New Moon Akan terjadi
Pada Tanggal 10 Maret, Fenomena Super New Moon Akan terjadi/foto via Screenshot/X.com @infoBMKG

PASUNDAN EKSPRES - Pada tanggal 10 Maret mendatang, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan akan terjadinya fenomena Super New Moon. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa Super New Moon akan terjadi seiring dengan Perigee, yaitu saat bulan berada pada jarak terdekat dengan bumi. 

Fenomena ini memiliki potensi untuk meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Guswanto menegaskan bahwa berdasarkan pemantauan data tinggi permukaan air laut dan prediksi pasang surut, kemungkinan terjadinya banjir rob di sejumlah wilayah pesisir Indonesia menjadi lebih besar.

"Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia," kata Guswanto seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia pada kamis 7 Maret 2024

Wilayah Indonesia Yang Di Prediksi Akan Alami Banjir rob diantaranya. 

Wilayah-wilayah di Indonesia yang diprediksi akan mengalami banjir rob antara lain Pesisir Sumatra Utara, Pesisir Kepulauan Riau, Pesisir Banten, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Sulawesi Utara, dan Pesisir Maluku Utara.

Guswanto juga menekankan bahwa potensi banjir rob tersebut dapat terjadi pada waktu yang berbeda di setiap wilayah, baik dalam hal hari maupun jam. 

Secara umum, fenomena ini akan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti kegiatan bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

(hil/hil)

Berita Terkait