News

Halo Calon Bupati Subang! Simak Nih Sumbang Saran dari NU dan Muhammadiyah untuk Pembangunan Daerah

Calon Bupati Subang
Ketua PCNU Kabupaten Subang KH. Satibi SPd (kiri). Aktivis Muhammadiyah Subang, Suhaerudin SAg MAP (kanan).

SUBANG-Dua organisasi keagamaan besar di Subang, yakni Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah memberikan saran kepada calon Bupati Subang yang bertarung di Pilkada 2024.

Kepada Pasundan Ekspres, baik NU dan Muhammadiyah sepakat agar pemimpin Subang bisa membawa kabupaten ini menjadi lebih baik. 

Ketua PCNU Kabupaten Subang KH. Satibi SPd mengharapkan bupati Subang ke depan mampu mengejawantahkan harapan-harapan rakyat dan tahu apa yang diinginkan rakyatnya. 

Selain itu, pemimpin Subang bisa dan mampu menginovasi pembangunan baik fisik atau pun nonfisik untuk kemajuan daerah.

"Bupati Subang nanti juga mengetahui persis kekurangan Subang ini apa, kebutuhannya juga apa saja," ungkapnya pada Rabu (17/7).

Selanjutnya, PCNU Subang pernah mengusulkan soal program keagamaan. Dimana siswa SD pada pagi hari, diisi oleh kegiatan keagamaan salah. Satunya shalat dhuha berjamaah, sebagai pembiasaan  sejak dini.

Terkait ekonomi, Abah Tibi sapaan akrabnya mengatakan, bahwa Subang ke depan akan menjadi daerah industiri, yang tentunya akan menjadi peluang potensi lapangan kerja. Namun itu semua harus disiapkan, tenaga kerja yang terampil sesuai bidangnya.

"Jangan sampai lulusan sarjana masuk pabrik, kalau pun masuk minimalnya jadi manajer atau orang kantornya," katanya.

Kemudian, Abah Tibi juga menyinggung soal perda Diniyah. Menurutnya, pelaksanaanya belum sepenuhnya dijalankan, masih banyak siswa SD tidak masuk madrasah diniyah. Sedangkan aturanya masuk SMP atau MTs harus melampirkan berkas persyaratan ijazah Madrasah Diniyah.

"Nah ini kan perlu dikomunikasikan antara Disdik, Kemenag dan FKDT terkaitnya,agar bisa terlaksana dengan baik, ini juga akan kita bahas nanti,"tuturnya.

Aktivis Muhammadiyah Subang Suhaerudin SAg MAP mengatakan, calon bupati  harus memiliki visi kemajuan untuk Kabupaten Subang. 

Kemajuan Subang dalam hal ini mencakup aspek pendidikan, kesehatan, dan pelayanan umum. 

"Pendidikan perlu menjadi prioritas program bupati Subang ke depan," katanya.

Dia mengatakan, Muhammadiyah menginginkan pemimpin yang memiliki visi jangka panjang dan berpihak pada kepentingan rakyat. "Pembangunan yang merata dan berkeadilan harus menjadi prioritas utama,” tambahnya. 

Dia mengatakan, Muhammadiyah akan mendukung calon bupati yang memiliki kinerja ideal sesuai dengan kepemimpinan akhlak rosul.

"Jadi yang diharapkan masyarakat dapat lebih cermat lagi dalam memilih pemimpin daerah yang benar-benar mampu membawa perubahan positif bagi Subang.(dan/znl/ysp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua