News

Kadisdik Subang Dorong Kompetensi Relawan Taman Baca Masyarakat (TBM)

taman baca subang
Kadisdik Subang Dorong Kompetensi Relawan Taman Baca Masyarakt (TBM) Subang

SUBANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang melalui Seksi Kesetaraan dan Keaksaraan menyelenggarakan Bimbingan Teknis dan Apresiasi Taman Baca Masyarakat (TBM) Kabupaten Subang yang bertempat di eduwisata bitungsari-Cibitung Kec. Ciater. Sabtu, (24-25 Agustus 2024)

Bimbingan Teknis dan Apresiasi dikemas dalam bentuk kemah literasi dengan beragam konten kegiatan di antara lain: 
1. Workshop Pengelolaan TBM
2. Forum Group Disccusion 
3. Fun Gema Literation 
4. Apresiasi TBM
5. Penanaman Pohon
6. Sosialisasi Paguyuban Duta Baca Subang

Kegiatan tersebut  melibatkan 60 peserta utusan dari 20 TBM se-Kabupaten Subang, dengan tema tersebut yakni "Meningkatkan Nilai Budaya Literasi Di Tengah Arus Digitalisasi"  

Diawali oleh prosesi Penyambutan adat dengan tarian jaipong dan penggunaan cetok oleh Kadisdik Kabupaten Subang yang langsung oleh Ketua Forum TBM

Disampaikan kata penyambutan, oleh Ketua Forum TBM Kab. Subang Hasanudin, M.Pd bahwa pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama dua hari dengan melibatkan seluruh SDM TBM dan segala potensi yang ada. 

Selaras dengan apa yang disampaikan oleh Kasie Kesetaraan dan Keaksaraan Dinas Pendidikan, Sutanto, S.Pd., M.AP bahwa Bimbingan Teknis dan Apresiasi TBM merupakan upaya peningkatan kompetensi pengelola TBM yang ada di Kabupaten Subang

"Saya berharap dengan kegiatan ini, pengelolan TBM dapat meningkatkan kompetensi, sehingga produktivitasnya semakin baik," katanya.

Sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Dra. Nunung Suryani M.Si.  Menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Bimbingan Teknis dan Apresiasi Taman Baca Masyarakat (TBM) melalui Kemah Literasi Forum TBM Kab. Subang tahun 2024

Dra. Nunung Suryani M.Si.  menjelaskan bahwa kegiatan ini harus berlanjut dan berjenjang demi kompetensi relawan TBM yang memadai dalam mengelola TBM
"Kegiatan ini sangat bermanfaat, senantiasa bisa menggali informasi yang bermanfaat untuk para relawan TBM," ungkapnya.

Dra. Nunung Suryani M.Si.  juga menjelaskan bahwa kegiatan kemah literasi menjadi medium informasi dalam peningkatan kemajuan TBM ditengah era digitalisasi.

"Dapat berbagi informasi untuk TBM yang lebih baik" pungkasnya

Dilanjutkan dengan prosesi penanaman Pohon secara simbolis oleh Kadisdikbud Subang 

Turut hadir dalam agenda tersebut Ketua Forum TBM Kab. Subang, Ketua PHRI Kab. Subang, Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Subang, Sekmat Ciater, Kades Cibitung dan Jajaran Pengurus Forum TBM Kab. Subang.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua