News

SDN Nyimplung Subang Komitmen Lestarikan Kesenian Sisingaan

KOMITMEN: SDN Nyimplung di Kecamatan Subang menegaskan komitmennya untuk menjaga kelestarian budaya lokal khas Kabupaten Subang, yakni sisingaan. ZAENAL ABIDIN/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Sekolah Dasar Negeri (SDN) Nyimplung di Kecamatan Subang menegaskan komitmennya untuk menjaga kelestarian budaya lokal khas Kabupaten Subang, yakni sisingaan.

Budaya sisingaan telah menjadi bagian dari ekstrakurikuler di SDN Nyimplung, menjadi ciri khas yang dilestarikan kepada anak-anaknya.

Para siswa SDN Nyimplung diajarkan untuk mendalami tarian sisingaan oleh para guru mereka, bahkan tarian tersebut telah diintegrasikan ke dalam kurikulum ekstrakurikuler.

Kepala Sekolah SDN Nyimplung, Hendra, menjelaskan bahwa sekolah terus mengembangkan minat dan bakat siswa dalam memperkenalkan ciri budaya lokal khas Subang.

"Dengan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), kami memperkenalkan beragam kebudayaan global yang harus dikembangkan," ujarnya.

Hendra menambahkan bahwa grup sisingaan di SDN Nyimplung terbagi menjadi dua, yaitu grup senior dari kelas 5 hingga 6 dan grup junior dari kelas 1 sampai 4.

Ekstrakurikuler tarian sisingaan ini bertujuan untuk melestarikan budaya dan kesenian lokal, sehingga diharapkan dapat terus lestari.

"Tujuan utamanya adalah untuk melestarikan budaya lokal dan memastikan bahwa anak-anak terus mencintai budaya mereka," tambahnya.(znl/ysp) 

Tag :

Berita Terkait