News

Buruh Subang Tempuh Jalur Politik untuk Ubah Nasib

Pilkada Subang
DUKUNGAN: Deklarasi dukungan dan peluncuran Sobat Relawan Buruh Jimat (SORABI) oleh Aliansi Buruh Subang bersama Partai Buruh berlangsung di Laska Hotel pada Minggu, (25/8).

SUBANG-Deklarasi dukungan dan peluncuran Sobat Relawan Buruh Jimat (SORABI) oleh Aliansi Buruh Subang bersama Partai Buruh berlangsung di Laska Hotel pada Minggu, (25/8). 

Acara ini menjadi momentum penting bagi sejumlah organisasi buruh yang tergabung dalam Aliansi Buruh Subang untuk menyatakan dukungan mereka terhadap H. Ruhimat, bakal calon Bupati Subang dalam Pilkada Subang 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai organisasi buruh, termasuk Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Federasi Serikat Buruh Persatuan (FSBP), Serikat Pekerja Mandiri Karyawan Bina (SPMKB), Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), Federasi Serikat Buruh Garment, Tekstil, Kulit dan Alas Kaki Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI), dan K-Sarbumusi.

Organisasi-organisasi ini tergabung dalam Aliansi Buruh Subang dan secara tegas mendeklarasikan dukungan mereka untuk H. Ruhimat.

Ketua FSPMI Subang, Suwira mengatakan, perjuangan buruh tidak bisa hanya dilakukan dengan turun ke jalan, tetapi juga melalui jalur politik.

"Menyelesaikan masalah nasib buruh tidak selesai hanya dengan turun ke jalan. Jalur politik menjadi jalan lain untuk merubah nasib buruh ke depan," ujar Suwira, menegaskan pentingnya keterlibatan politik dalam memperjuangkan hak-hak buruh.

Senada dengan Suwira, Ketua K-Sarbumusi, Soedjono menjelaskan alasan mengapa Aliansi Buruh Subang memilih untuk menyatakan sikap politik dan mendukung H. Ruhimat.

"Ketika bicara sejarah, dalam tiga periode sebelumnya selalu ada hambatan di tengah jalan. Namun, saat dipimpin oleh H. Ruhimat, semua berjalan mulus," ungkap Soedjono, menyoroti capaian kepemimpinan H. Ruhimat yang menjadi alasan utama dukungan mereka.

Ketua Partai Buruh EXCO Subang, Bahar Cibi, juga menekankan perlunya memperbaiki perjuangan-perjuangan buruh, khususnya dalam mendorong lahirnya peraturan daerah yang mendukung ketenagakerjaan di Subang. 

"Ini yang belum terjadi saat ini di Subang, komitmen kita pada saat mendukung salah satu calon kandidat pilkada untuk Bupati dipastikan untuk mau segera menerbitkan yang namanya Perda Ketenagakerjaan, maka kita berkomitmen dengan pak H. Ruhimat beliau siap terbitnya Perda Ketenagakerjaan tinggal di dukung oleh teman-teman," kata Bahar.

Dalam kesempatan tersebut, Aliansi Buruh Subang juga menyampaikan empat poin utama dalam pernyataan sikap politik mereka.

Pertama, kepemimpinan bersih: Aliansi Buruh Subang menilai pentingnya kepemimpinan di Kabupaten Subang yang memiliki rekam jejak bersih dari kasus korupsi selama masa jabatannya.

Kedua, pemerintahan berkelanjutan. Mereka mendorong adanya pemerintahan yang berkelanjutan, khususnya dalam menjalankan program-program kerakyatan yang fokus pada kesejahteraan, keadilan, dan keseimbangan lingkungan.

Ketiga, dukungan untuk H. Ruhimat: Melihat rekam jejak H. Ruhimat selama periode 2019-2024, meskipun jauh dari kesempurnaan, Aliansi Buruh Subang mendukung H. Ruhimat sebagai calon Bupati Subang dalam Pilkada Kabupaten Subang 2024.
Keempat, komitmen untuk menang. Aliansi Buruh Subang berkomitmen untuk mengerahkan segala sumber daya yang ada demi memenangkan H. Ruhimat dalam Pilkada Kabupaten Subang 2024.(hdi/ysp)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua