News

KA Turangga vs KA Lokal Bandung Raya, 3 Orang Tewas

KA Turangga vs KA Lokal Bandung Raya, 3 Orang Tewas
(dok.Istimewa/radarkuningan.com)

PASUNDAN EKSPRES - Telah terjadi tabrakan kereta adu banteng  antara Kereta Api Turangga dan Commuter Line Bandung Raya, Jumat pagi pukul 06.03 WIB, 5 Januari 2024.

Dilansir dari radarkuningan, sejumlah video kecelakaan kereta api yang beredar di media sosial menunjukkan  kedua kereta bertabrakan dan benturan.

Sehingga menyebabkan kerusakan parah pada KA Turangga maupun rangkaian commuter line di Petak Jalur Cicalengka, Kabupaten Bandung Barat.

Menurut laporan Kabid Humas Polda Jawa Barat (Jabar) Kombes Ibrahim Tompo mengungkapkan ada tiga korban tewas dalam tabrakan kereta atau 'adu banteng' antara Kereta Api (KA) Turangga dan KA Lokal Bandung Raya.

“Sementara korban meninggal dunia ada tiga orang, yaitu masinis KA Lokal Padalarang (KA Lokal Bandung Raya) dan asisten masinis KA Lokal Padalarang, serta satu orang pramugara KA Turangga,” kata Ibrahim dalam Breaking News Kompas TV, Jumat.

Masih dari sumber yang sama, aa kemudian menjelaskan, tabrakan kereta terjadi di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Bandung, tepatnya pada lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700.

Saat ini, tim gabungan tengah melakukan pendataan terhadap penumpang dari dua kereta yang terlibat 'adu banteng' serta melakukan evakuasi.

Ibrahim mengatakan lokasi tabrakan kereta ini jauh dari area perkampungan warga dan akses jalan. ia juga memastikan kecelakaan terjadi di atas lintasan rel tunggal.

Diketahui, sejumlah  alat berat telah dikerahkan untuk mengevakuasi gerbong kereta yang ringsek dan anjlok usai mengalami tabrakan.

Sejumlah perjalanan kereta api yang terdampak akibat adanya tabrakan ini akan mengalami pengalihan rute, ungkap VP Public Relations PT KAI Joni Martinus.

“Yang tadinya melalui rute jalur selatan dari Bandung, menuju ke Tasikmalaya, Banjar. Saat ini kita lakukan upaya perjalanan memutar melalui Bandung, menuju ke Cikampek, dan menuju ke Kroya,” jelas Joni.

Ia menjelaskan rute memutar ini akan membuat perjalanan kereta menjadi 2-3 jam lebih lama.

Sejauh ini, pihaknya akan mendalami dan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kecelakaan kereta.

Sebagai informasi Kereta Api Turangga melakukan perjalanan dari Surabaya menuju Bandung dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Bandung.

Sementara Kereta Api Commuter Line Bandung Raya melakukan perjalanan ke Cicalengka.

(nym) 

Berita Terkait