News

Guru Penggerak di Subang Kembali Bertambah

Disdikbud Kabupaten Subang
GURU PENGGERAK: Disdikbud Kabupaten Subang menggelar Inaugurasi Guru Penggerak Angkatan 9 tahun 2024 bertepatan di aula Kantor Bupati, Rabu (3/7). ZAENAL ABIDIN/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang menggelar Inaugurasi Guru Penggerak Angkatan 9 tahun 2024 bertepatan di aula Kantor Bupati, Rabu (3/7). 

Kegiatan Inaugurasi tersebut merupakan acara penutup program pendidikan para Guru Penggerak dengan mengangkat tema "Tetap Tergerak Bergerak Menggerakkan Lanjutan Merdeka Belajar Wujudkan Subang Ngahiji".

Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Pj. Bupati Subang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat, Kepala Sekolah, Guru, Kepala cabang dinas, Pengawas, dan Penilik. 

Kepala Disdikbud Kabupaten Subang Tatang Komara S.Pd, M.Si menyampaikan, peserta kegiatan guru penggerak angkatan 9 ini diikuti oleh guru dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga SMK. 

"Program guru penggerak di Kabupaten Subang mulai mengikuti permintaan yang disarankan oleh Kemendikbudristek Republik Indonesia baru dimulai sejak angkatan 3 untuk Kabupaten Subang," ungkapnya. 

Ia menjelaskan, program ini baru dimulai dari angkatan 3, angkatan 6, angkatan 7, angkatan 8, hingga angkatan 9 telah lulus 121 guru bersama-sama untuk di inaugurasi. 

"Selamat kepada bapak/ibu yang telah lulus menjadi guru penggerak angkatan 9 ini, tentu ada harapan besar kehadiran guru penggerak bagi angkatan 3, 6, 7, 8, dan 9 untuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan raport mutu pendidikan Kabupaten Subang," ucapnya. 

"Betul kita belum mencapai 10 persen dari jumlah guru yang ada di kabupaten Subang untuk kategori guru penggerak, tetapi walaupun presentasinya kecil efek dan harapannya akan terasa," lanjutnya. 

Sementara itu, Kepala BGP Provinsi Jawa Barat Muahamad Hartono SH, M.Ed dalan sambutannya menyampaikan harapannya kepada para guru penggerak agar mampu menstimulasi teman-teman lainnya serta aksi nyata yang didapatkan selama pendidikan mampu terpelihara secara berkelanjutan.

Ia mengatakan, sisi Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila, untuk menuju Indonesia maju dapat bergerak melalui tercipta Pelajar Pancasila. 

Selanjutnya, Pj Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., M.A.Cd menyampaikan, selamat kepada seluruh guru penggerak yang telah lulus menjadi guru penggerak di angkatan 9 di kabupaten Subang.

Pj Bupati Subang sangat mengapresiasi kepada guru penggerak angkatan 9 yang telah menyelesaikan pendidikannya selama enam bulan.

"Waktu 6 bulan bukan waktu yang singkat, ini membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga, dan pikiran, tetapi ini bukan merupakan suatu hal yang mudah untuk kita semua," tuturnya. 

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis sertifikat dan selendang guru penggerak kepada perwakilan guru oleh Pj. Bupati Subang didampingi Ketua Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat, dan kepala Disdikbud Subang.(znl/ysp) 

 

Berita Terkait