News

Dapat Restu PAN dan NasDem, ARD Melenggang Maju Pilbup Subang

PAN Subang
RESTU PAN: Asep Rochman Dimyati (ARD) saat menerima rekomendasi dari DPP PAN.

SUBANG-Asep Rochman Dimyati (ARD) selangkah lebih maju dibandingkan dengan bakal calon bupati lain. Saat ini, baru ARD yang sudah mendapatkan restu dari partai politik di pusat.

ARD sudah memiliki dua mesin partai, yakni PAN dan NasDem untuk memantapkan langkahnya melakukan pendaftaran calon bupati ke KPU. 

PAN telah memberikan rekomendasi kepada ARD untuk maju sebagai bakal calon Bupati Subang. Meskipun rekomendasi ini, masih dianggap belum final oleh DPD PAN Subang. 

Rekomendasi partai memang belum menjadi kepastian bahwa seseorang tersebut akan didaftarkan oleh partai ke KPU. Perlu ada dokumen persetujuan yang ditandatangani pimpinan partai sebagai salah satu persyaratan untuk mendaftar sebagai bakal calon bupati. 

Namun, rekomendasi ini sudah menjadi dasar bagi ARD untuk bergerak melakukan konsolidasi politik seiring restu dari DPP.

Keputusan DPP merekomendasikan ARD tersebut tertuang dalam surat bernomor 969/PILKADA/VI/2024 tertanggal 06 Juni 2024. Surat tersebut ditandatangani oleh Tim Pilkada DPP PAN yaitu Yandri Susanto, Viva Yoga Mauladi, dan Pangeran K. Saleh.

DPP PAN lebih memilih ARD dibandingkan empat nama yang sudah diundang DPW PAN Jabar seperti Merry Langoy SH MKn, Suradi, Letkol CHK (Purn) M Lukmantias Amin SH MH, dan Ahmad Sobari. Empat nama tersebut diundang dalam rangka visitasi dan sinkronisasi calon bupati/wakil bupati.

"Terimakasih atas kepercayaan yang luar biasa dari PAN," ungkap ARD kepada Pasundan Ekspres, Jumat sore (7/6).

Selama menjadi bagian dari PAN Subang sejak 2011, ARD cukup memberikan kontribusi dalam hal perolehan kursi di DPRD Subang. Pada masa kepemimpinannya di DPD PAN Subang, ARD mampu menaikan perolehan kursi dari 3 kursi pada pemilu 2014, menjadi 5 kursi pada pemilu 2019.

Wakil Ketua DPD PAN Kabupaten Subang Herawan, ST menyampaikan surat rekomendasi bukan keputusan final dukungan. Menurutnya, rekomendasi tidak memiliki legalitas untuk dijadikan dokumen persyaratan mendaftar ke KPU.

Menurut Herawan, DPD PAN Subang masih terus melakukan komunikasi dengan DPP berkaitan dengan sosok yang akan diusung untuk diterbitkan dalam SK Persetujuan Calon Bupati dan Wakil Bupati Subang.

Politisi PAN Subang, Albert Anggara Putra mengatakan, dunia politik sangat dinamis. Dirinya siap mengikuti instruksi dari berbagai tingkat kepemimpinan partai, mulai dari DPD, DPW, hingga DPP.

"Sendiko dawuh (saya patuh pada perintah). Siapapun yang diusung PAN, dan apabila nanti berubah, saya tetap mengikuti instruksi partai," ujarnya kepada Pasundan Ekspres, Jumat petang (7/6).

Albert menjelaskan, pernyataannya ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan tinggi terhadap arahan dari pimpinan partai.

Menurutnya, rekomendasi dari DPP PAN untuk bakal calon bupati belum mencapai tahap final.

Albert menyebut, siapa pun yang diberi rekomendasi oleh PAN diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi konsolidasi internal partai serta persiapan menghadapi pemilihan bupati Subang yang akan datang.

Ketua Partai DPD NasDem Subang, Eep Hidayat merespon positif soal ARD yang mendapat rekomendasi PAN untuk nyalon bupati. 

"Alhamdulillah, malam kemarin sekira pukul 23.00 mang Eep dapat kabar dari ARD terkait rekomendasi dari PAN," kata Eep dihubungi Pasundan Ekspres melalui sambungan telepon, Jumat malam (7/6). 

Dia mengatakan, dengan rekomendasi tersebut sebagai modal dasar ARD untuk bisa maju nyalon Bupati Subang. 

"Berarti modal dasar ARD kini 10 kursi (PAN 3 kursi, NasDem 7 kursi) atau memenuhi ambang batas pencalonan bupati. Ditambah PKB menjadi 16 kursi," jelasnya. 

Jika koalisi tiga partai ini terbentuk, kata Eep akan semakin leluasa membangun Subang. "Kita optimis dengan bisa membangun Kabupaten Subang dengan cukup leluasa," ujarnya. 

Eep menyebut, telah meminta ARD agar memfasilitasi kesepakatan politik antara NasDem dan PAN Subang. Sebagaimana kesepakatan politik yang dibangun antara NasDem dan PKB. 

 

NasDem Pun Mendukung ARD

ARD telah mendapat kepastian bahwa dirinya diusung oleh NasDem. Dua tahun berjuang bersama Eep Hidayat, Ketua DPD NasDem Subang melakukan sosialisasi ke masyarakat membuahkan hasil.

Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustafa telah menyampaikan bahwa ARD merupakan bakal calon Bupati Subang yang akan diusung NasDem. Nama ARD sudah direstui oleh DPP NasDem.

NasDem Subang
NasDem Subang-RESTU NASDEM: Asep Rochman Dimyati (ARD) bersama dengan Ketua DPW NasDem Jabar, Saan Mustafa.

Pernyataan, Saan tersebut disampaikan dalam acara Deklarasi Calon Gubernur Jawa Barat Ilham Habibie di Bandung, Sabtu (9/6).

"Para calon kepala daerah yang hadir dalam kesempatan kali ini, yang memang NasDem sudah beri rekomendasi. Ini ada untuk calon Bupati Kabupaten Subang, ada Kang Asep Rochman Dimyati. Ini yang saya sebut, yang sudah DPP putuskan rekom," ungkap Saan disambut tepuk tangan yang hadir dalam acara tersebut.

Saan menyebut, akan banyak waktu ke depan untuk berjuang untuk menyukseskan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. "Bagaimana kita menjadikan putra-putri terbaik ini benar-benar tanggal 27 Nopember bisa terpilih menjadi kepala daerah yang ada di Jawa Barat," jelasnya.

Sementara itu, ARD menyampaikan terimakasih kepada DPP NasDem yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk maju di Pilkada Subang. Menurutnya, amanah yang diberikan akan dijalankan sebaik-baiknya.

ARD juga tak lupa menyampaikan apresiasi kepada Eep Hidayat dan pengurus NasDem Subang termasuk Saan Mustafa yang telah berjuang untuk mendapatkan rekomendasi bagi ARD.

Sebelumnya, angin segar ARD akan mendapatkan rekomendasi dari NasDem terlihat dari undangan DPW NasDem Jabar. 

Pada Sabtu 1 Juni 2024 di Bandung, hanya ARD bakal calon bupati yang daftar ke NasDem Subang yang diundang DPW NasDem Jabar. Saat itu, Ketua NasDem Jabar Saan Mustofa saat itu menegaskan, NasDem punya calon bupati Subang 2024 Asep Rochman Dimyati.

Ketua DPD NasDem Subang Eep Hidayat mengatakan, setelah ARD mendapatkan rekomendasi akan terus memaksimalkan sosialisasi kepada masyarakat. 

"Sosialisasi, secara moral kita sudah mantap karena secara pribadi ARD sudah memenuhi target kursi syarat minimal pencalonan, maka sosialisasi sebagai calon Bupati sudah tidak ada keraguan," ungkap Eep kepada Pasundan Ekspres, Sabtu (8/6). 

"Apalagi ditambah dengan PKB semakin percaya diri," tambah Eep.(cdp/ysp)

Berita Terkait