News

Keberanian Zillan Buka Usaha Cuci Sepatu, Belajari dari YouTube, Hingga Miliki Banyak Cabang

Tiluanwae Shoescare
BERANI BISNIS: Owner Tiluanwae Shoescare Zillan saat membersihkan sepatu milik pelanggannya. MUHAMMAD FAISHAL/PASUNDAN EKSPRES

SUBANG-Owner Tiluanwae Shoescare Zillan, menceritakan bagaimana awal dirinya terjun di dunia bisnis shoes care. Berawal dari suka sepatu, kini sukses buka usaha.

"Awalnya dari dulu saya memang suka dengan sepatu, tapi belum terpikir untuk treatmentnya cuman sekedar koleksi sepatu aja. Terus saya coba laundry sepatu di Bandung dan harganya ternyata lumayan sekitar Rp60 ribu ke atas. Karena mahal, jadi saya coba cuci dan treatment sendiri berbekal tutorial dari youtube, dan ternyata gampang," ucapnya kepada Pasundan Ekspres.

Zillan mengatakan, bahan baku untuk treatment dan cuci sepatu juga ekonomis dan dapat dibuat sendiri. Berangkat dari sana, dia kemudian mencoba untuk meracik bahan bakunya sendiri.

Ia pun mencoba hasil percobaannya kepada sepatu saudara dan juga teman-temannya untuk mengetahui seberapa bagus hasilnya.

"Setelah menemukan itu juga masih untuk cuci sendiri, paling sama sepatu saudara atau teman, sebatas itu aja. Jadi belum coba terjun di bisnisnya. Belum cari uang, masih kerja di tempat yang lama di Bandung," ucapnya.

Setelah banyak kerabatnya yang telah merasakan hasil baik dari treatment dan cuci sepatunya, akhirnya pada tahun 2022 dirinya memutuskan untuk mencoba peruntungannya membuka bisnis shoes care di kosannya sendiri.

"Kalau ada konsumen yang mau biasanya setelah pulang kerja janjian sore untuk weekdays nanti saya pick up sendiri, dan makanya ongkos kirimnya juga di bawah strandar ojek online, karena belum ada partner," ucapnya.

Bisnisnya pun semakin berkembang dan pelanggan pun semakin berdatangan. Hal tersebut membuat Zillan merasa keteteran, sehingga dia mencari partner untuk membantu.

"Akhirnya saya mulai cari partner, karena sudah mulai merasa keteteran. Apalagi waktu saya kerja suka sampai lembur," ucapnya.

Merangkul partner pun ternyata belum cukup untuk membendung pesanan dari pelanggan yang semakin membludak. Melihat potensi yang cukup besar tersebut, Zillan pun memutuskan untuk fokus pada bisnis shoesn carenya.

"Setelah dihitung-hitung ternyata pendapatan dari bisnis ini sama dengan pendapatan di pekerjaan saya sebelumnya, dan itu pun saya masih gak fokus karena ada kerjaan. Jadi saya melihat potensi besar jika fokus di bisnis ini. Akhirnya saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya," ucapnya.

Ia pun membuka cabang di berbagai tempat di Bandung. Kemudian Zillan melihat potensi bisnis shoescare di Subang dan memutuskan untuk membuka juga cabangnya.

"Saya lihat di google untuk tempat cuci sepatu itu belum banyak, ada satu dua tapi ketika saya riset ternyata sudah banyak yang tutup," ucapnya.

Meskipun demikian, Zillan mengaku optimis dengan bisnis shoescare di Subang. "Optimis banget, meskipun mungkin kesadaran masyarakat Subang tentang kepedulian dan yang menghargai sepatu belum setinggi di Bandung tapi saya lihat potensinya. Makanya saya bedakan harga di Bandung dan di Subang," ucapnya. 

Bagi Anda yang tertarik untuk merawat sepatunya di Tiluanwae Shoescare, Anda bisa cek di instagramnya @sctiluanwae.(fsh/ysp)

 

 

Berita Terkait