News

Gen Z Siap Awasi Pilkada, Bawaslu Sosialisasi Pemilih Pemula, Pengawasan Partisipatif

pengawasan partisipatif
Bawaslu Subang saat sosialusasi Pengawasan Partisipatif bagi generasi Z di Hotel Lotus Subang, Selasa (10/9).

SUBANG- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Subang mengadakan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif bertema "Pemilih Pemula Cerdas Mengawasi" pada hari Selasa, (10/9).

Acara ini diselenggarakan di Hotel Lotus Subang dan dihadiri oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA yang merupakan pemilih pemula untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam kepada calon pemilih mengenai peran mereka dalam pengawasan Pilkada yang sedang berlangsung tahapannya.

Dan bagaimana mereka dapat berpartisipasi secara aktif dalam menjaga integritas proses demokrasi. Dengan tema "Pemilih Pemula Cerdas Mengawasi".

Dengan sosialisasi itupun,  Bawaslu Kabupaten Subang memberikan pembekalan kepada generasi muda, dalam hal ini Gen Z,  dengan pengetahuan seputar Pengawasan Partisipatif pada seluruh tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024.

Anggota Bawaslu Kabupaten Subang, Cucu Kodir Jaelani, dalam sambutannya menyampai terimakasih atas kehadiran peserta sosialisasi ini.

“Kami sangat mengapresiasi antusiasme teman-teman yang hadir pada kegiatan ini. Keterlibatan teman-teman sebagai pemilih pemula sangat penting untuk memastikan Pemilihan yang jujur dan adil. Dengan pengetahuan yang teman-teman dapatkan hari ini, diharapkan dapat menjadi pengawas Partisipatif yang aktif dan cerdas," kata Cuko sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Cucu menyampaikan, sebagai generasi Z yang sangat dekat dengan media sosial, peserta harus berhati-hati dalam menyebarkan informasi.

Jangan mudah terpengaruh dan sebisa mungkin dapat mencegah informasi hoaks tentang Pilkada Serentak Tahun 2024 ini. 

Pastikan selalu untuk memeriksa kebenaran informasi sebelum disebarluaskan. Keberadaan media sosial harus digunakan dengan bijak.

"Jadi kalau ada info terkait Pilkada di Medsos, cek dulu kebenarannya, jangan langsung share ke grop lain," tuturnya.

Sosialisasi ini menghadirkan dua narasumber yang berkompeten dibidangnya.

Yang pertama adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang, yang memberikan wawasan tentang peran siswa dalam pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024.

Narasumber kedua adalah pemantau Pemilu (JPPR Kabupaten Subang), yang membahas teknik-teknik pengawasan partisipatif.

Dengan kegiatan seperti ini, Bawaslu Kabupaten Subang berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, terutama pemilih pemula dalam sebuah proses demokrasi.

Harapannya, dengan pengetahuan yang diperoleh, para peserta dapat menjadi agen perubahan yang aktif dan cerdas dalam setiap tahapan Pilkada,  agar pelaksanaannya sesuai dengan asas pemilu Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil.

"Ayo Awasi Pilkada".(dan).

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua