Sains

Berusia 800 Tahun, Mangkuk Penyembuh Peninggalan Islam Ditemukan di Turki

Misi penggalian arkeologis di gundukan Hasankeyf, Kota Batman Turki telah berhasil menemukan mangkuk kuno yang berusia 800 tahun. Foto Dok istimewa

PASUNDAN EKSPRES - Misi penggalian arkeologis di gundukan Hasankeyf, Kota Batman Turki telah berhasil menemukan mangkuk kuno yang berusia 800 tahun. 

Peneliti mengetakan mangkuk tersebut berkaitan dengan peradaban Islam pada masa lalu. Penggalian tersebut dipimpim oleh Profesor Zekai Erdal dari Departemen Sejarah Seni Fakultas Sastra Universitas Mardin Artuklu, Turki.

Profesor Erdal menjelaskan bahwa sebelumnya hanya terdapat 22 mangkuk penyembuh yang diketahui di dunia, namun penemuan di Hasankeyf menambahkan satu mangkuk lagi ke dalam koleksi tersebut.

Mangkuk yang sangat unik karena terbuat dari bahan perunggu, yang digunakan dalam pengobatan tradisional di sunia Islam abad pertengahan. 

Para peneliti meyakini, mangkuk tersebut akan dapat dihiasi dengan jimat, segel dan ayat yang mempunyai hubungan khusus dengan Hasankeyf, Kota tua yang sudah ada sejak 10 tahun yang lalu. 

"Mangkuk penyembuh yang dihiasi jimat, segel, dan ayat, sebenarnya memiliki keterkaitan dengan Hasankeyf dalam satu aspek. Menurut kepercayaan setempat, masyarakat Hasankeyf atau orang yang pergi ke kastil diyakini tidak digigit kalajengking atau ular," ujar Profesor Edral.

Masyarakat setempat dan para peneliti mempercayai bahwa orang yang meminum air dari mangkuk ini akan dilindungi dari gigitan ajing, ular dan sengatan kalajengking. 

Menurut peneliti, mangkuk digunakan dalam praktik pengobatan tradisional dengan keyakinan bahwa minum air dari mangkuk tersebut dapat memberikan penyembuhan bagi mereka yang menghadapi ancaman terkait hewan.

"Diyakini bahwa orang yang meminum air dari mangkuk penyembuhan dilindungi. terhadap gigitan anjing, gigitan ular dan kalajengking. Healing bowl adalah bahan yang digunakan untuk menyembuhkan orang yang terkena gigitan anjing, gigitan ular, dan kalajengking," kata Profesor Edral.

Untuk diketahui, mangkuk-mangkuk serupa juga telah ditemukan di Museum Istana Topkapi, Museum Kayseri, dan Museum Kota Metropolitan Istanbul. Keberadaan mangkuk-mangkuk ini menunjukkan betapa pentingnya peran mereka dalam konteks pengobatan tradisional Islam pada masa lalu.

Berita Terkait