Selebriti

Rangkaian Acara Royal Wedding Pangeran Mateen di Kerajaan Brunei Darussalam, Digelar 10 Hari!

Rangkaian Acara Royal Wedding Pangeran Mateen di Kerajaan Brunei Darussalam, Digelar 10 Hari!

PASUNDAN EKSPRES - Sosok Pangeran Abdul Mateen putra dari raja Brunei Darussalam tak pernah absen mencuri perhatian publik termasuk masyarakat Indonesia.

Selain karena parasnya yang tampan, pernikahan Pangeran Abdul Mateen dan Anisha Rosnah yang akan digelar 11 Januari 2024 juga ramai diperbincangkan. 

Adapun rangkaian acara pernikahan Pangeran Abdul Mateen sudah dimulai sejak 7 Januari 2024.

Seperti yang ditehaui, royal wedding Kerajaan Brunei Darussalam ini memang akan digelar selama berhari-hari, lebih tepatnya 10 hari berturut-turut.

"Pangeran Mateen akan melepaskan status lajang dan menikah dengan gadis cantik bernama Anisha Rosnah, tak berbeda dari yang sudah sudah royal wedding pangeran Mateen akan digelar selama 10 hari," ungkap Yuda Putra Kusuma diikutip oleh Hops.Id melalui kanal Youtube dengan nama yang sama pada Minggu, 7 Januari 2024.

Seperti apa serangkaian acara sakral itu? Berikut  rangkaian kegiatan yang akan digelar pada pernikahan royal wedding pangeran Abdul Mateen di Kerajaan Brunei Darussalam. 

1. Majlis Istiadat Bersuruh Diraja

Acara pertama ini akan dilaksanakan pada Minggu, 7 Januari 2024. Jika disederhanakan, tradisi Majlis Istiadat Bersuruh atau Upacara Royal Bersuruh ini adalah acara lamaran dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan.

2. Majlis Istiadat Membuka Gendang Jaga Jaga

Acara ini akan dilaksanakan keesokan harinya setelah acara pertama dilaksanakan atau lebih tepatnya pada Senin, 8 Januari 2024.

3. Majlis Istiadat Menghantar Tanda Diraja dan 

Pertunangan Diraja, dan Majlis Istiadat Menerima Tanda Diraja dan Pertunangan Diraja Rangkaian acara ini digelar pada Selasa, 9 Januari 2024.

4. Majlis Istiadat Berbedak Pengantin Diraja 

Acara ini digelar setelah acara sebelumnya dan mendekati acara akad nikah sang pengantin yakni pada Rabu, 10 Januari 2024.

5. Majlis Istiadat Akad Nikah Diraja 

Acara akad nikah ini digelar pada Kamis, 11 Januari 2024 dimana kedua mempelai pengantin akan melangsungkan akad pernikahan dan melangsungkan acara selanjutnya.

6. Majlis Istiadat Bersanding Pengantin Diraja 

7. Pengantin Diarak berkeliling Bandar Seri Begawan Baru 

Acara arakan pengantin ini akan diselenggarakan pada Minggu, 14 Januari 2024

8. Majlis Persantapan Diraja 

Acara ini dilakukan tepat keesokan harinya atau lebih tepatnya pada Senin, 15 Januari 2024.

9. Majlis Persantapan ditutup dengan Majlis Istiadat Membaca Doa Selamat 

10. Menutup Gendang Jaga Jaga

Acara ini merupakan rangkaian acara terakhir yang diselenggarakan pada Selasa, 16 Januari 2024.

Sebagai informasi, Pangeran Abdul Mateen yang terkenal di kalangan masyarakat perempuan, termasuk asal Indonesia ini akan menikahi Anisa Rosnah.

Melansir dari Murai dan CNBC, Anisha adalah cucu penasihat sultan di Brunei, Yang Berhormat Pehin Dato Awang Isa bin Awang Ibrahim yang juga seorang pembesar Brunei. 

Saat ini, Pehin Dato Awang Isa menjabat sebagai Penasihat Khusus Sultan, Menteri di Departemen Perdana Menteri Pemerintahan Brunei, dan Manteri atau golongan pembesar kerajaan dengan gelar "Pehin Orang Kaya Laila Setia Bakti Diraja."

(nym) 

 

Berita Terkait