Sepak Bola

Timnas Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi 1-1 di Laga Pembuka Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026

Foto: Sandy Walsh berjibaku dengan pemain Arab Saudi. Sumber (foto: dok. PSSI)
Foto: Sandy Walsh berjibaku dengan pemain Arab Saudi. Sumber (foto: dok. PSSI)

PASUNDAN EKSPRES - Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 dalam pertandingan pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang digelar di Stadion King Abdullah Sports City pada Jumat (6/9) dini hari WIB. 

Di babak pertama, Indonesia unggul lebih dulu lewat gol Ragnar Oratmangoen pada menit ke-19. Namun, Arab Saudi berhasil menyamakan skor di menit akhir babak pertama melalui gol yang tercipta pada menit ke-45+3. 

Pada awal babak kedua, lini belakang Indonesia kehilangan fokus, sementara Arab Saudi semakin percaya diri dalam melakukan serangan. Pada menit ke-48, kesalahan operan Maarten Paes hampir dimanfaatkan oleh Abdulrahman Ghareeb, namun tendangannya masih melenceng.

Pelatih Shin Tae Yong melakukan beberapa pergantian pemain pada menit ke-58 dengan memasukkan Marselino Ferdinan untuk menggantikan Witan Sulaeman dan Shayne Pattynama menggantikan Thom Haye yang cedera. Peluang didapat Calvin Verdonk pada menit ke-59 dengan tendangan voli kaki kiri dari depan kotak penalti Arab Saudi, namun masih jauh dari sasaran.

Pada menit ke-64, Salem Al Dawsari melepaskan tembakan kaki kanan yang melambung jauh di atas gawang Indonesia. Satu menit kemudian, Ragnar Oratmangoen mencoba peruntungannya dengan tendangan dari luar kotak penalti, namun masih bisa dihalau oleh pertahanan Arab Saudi.

Di babak kedua, permainan Indonesia mulai kehilangan ritme dan Arab Saudi semakin mendominasi. Tendangan spekulasi Salem Al Dawsari pada menit ke-74 nyaris mengancam gawang Indonesia, namun bola hanya menyamping di sisi kiri.

Pada menit ke-76, sundulan Saud Abdulhamid dari umpan silang membentur tiang kanan gawang Indonesia. Tak lama kemudian, Maarten Paes melakukan kesalahan dengan terlalu lama memegang bola yang berujung penalti untuk Arab Saudi di menit ke-77. Salem Al Dawsari yang menjadi eksekutor gagal memanfaatkan penalti tersebut setelah tendangannya ditepis oleh Maarten Paes.

Maarten Paes kembali menjadi pahlawan Indonesia dengan melakukan beberapa penyelamatan penting, termasuk menepis tendangan jarak jauh Mohamed Kanno pada menit ke-88 dan peluang Feras Al Brikan di menit ke-90+3. Hingga akhir pertandingan, skor tetap 1-1.

Susunan Pemain

Arab Saudi: Mohammed Al Owais; Sultan Al Ghannam, Ali Lajami, Ali Al Bulayhi, Moteb Alharbi, Hassan Al Tambakti, Musab Aljuwayr, Abdullah Al Khaibari, Mohammed Kanno, Salem Al Dawsari, Abdullah Radif.

Indonesia: Maarten Paes; Rizky Ridho, Jay Idzes; Sandy Walsh, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Calvin Verdonk; Witan Sulaeman, Rafael Struick, Ragnar Oratmangoen.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua