Sepak Bola

Optimisme Timnas Indonesia Tantang Tuan Rumah China, Udara Dingin Tidak Jadi Masalah

Shin Tae-yong saat memimpin sesi latihan timnas Indonesia. Dok.(PSSI)
Shin Tae-yong saat memimpin sesi latihan timnas Indonesia. Dok.(PSSI)

PASUNDAN EKSPRES - Timnas Indonesia akan menghadapi tuan rumah China dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran ketiga, yang berlangsung pada Selasa (15/10/2024) malam WIB di Qingdao Youth Football Stadium. Laga ini menjadi ujian berat bagi skuad Garuda, yang hingga kini belum meraih kemenangan dari tiga laga sebelumnya, namun juga belum terkalahkan.

Meski sebelumnya Indonesia sempat dikecewakan oleh kepemimpinan wasit saat melawan Bahrain, suasana di kubu tim tetap positif. Sejak tiba di China pada Jumat (11/10/2024), Jay Idzes dan kawan-kawan telah menjalani dua sesi latihan, bahkan sempat merasakan cuaca hujan saat berlatih di Stadion Tiantai Qingdao. Kondisi dingin di Qingdao diperkirakan menguntungkan bagi Indonesia, karena beberapa pemain yang berkiprah di Eropa sudah terbiasa bermain dalam cuaca semacam ini.

Manajer timnas Indonesia, Sumardji, menyebut bahwa cuaca dan suasana di Qingdao cukup mendukung. "Enak banget kotanya, suhunya siang berkisar 20 derajat dan malam 18 derajat, jadi ini bukan masalah bagi kami, apalagi banyak pemain yang bermain di luar negeri," jelas Sumardji.

Prediksi Line-up dan Kunci Laga, pelatih Shin Tae-yong diprediksi akan kembali membuat kejutan dengan menurunkan pemain dari Liga 1 sebagai starter, melanjutkan pola yang sudah diterapkan dalam tiga laga sebelumnya. Pada pertandingan melawan Arab Saudi, Australia, dan Bahrain, representasi dari Liga 1 selalu memberikan dampak positif. 

Nama Malik Risaldi mencuri perhatian saat laga melawan Bahrain. Meski sempat berdarah-darah akibat benturan di awal pertandingan, Malik tetap tampil impresif dan berkontribusi pada terciptanya gol pertama bagi Indonesia, setelah berhasil menyuplai bola kepada Ivar Jenner yang kemudian diteruskan Ragnar Oratmangoen.

Dengan performa yang menjanjikan dari pemain-pemain Liga 1 seperti Witan, Rizky Ridho, dan Malik Risaldi, menarik untuk melihat siapa yang akan dipilih Shin Tae-yong untuk menjadi kejutan di laga melawan China. 

Kondisi klasemen Indonesia saat ini berada di posisi kedua Grup C, bersama Jepang yang selalu menang dalam tiga laga awal. Tetapi Indonesia masih tertahan dengan tiga hasil imbang dari tiga pertandingan. Kemenangan di laga melawan China akan sangat krusial untuk menjaga peluang lolos ke putaran selanjutnya, terlebih menghadapi lawan yang tampil di hadapan publik sendiri.

Akankah cuaca dingin di Qingdao dan persiapan matang mampu menjadi faktor penentu kemenangan pertama Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026? Mari kita nantikan jalannya pertandingan.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua