Sepak Bola

Marc Klok Sebut Perjuangan Timnas Indonesia Akan Berat Hadapi Arab Saudi dan Australia

Pesepak bola timnas Indonesia Marc klok piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Sumber HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS
Pesepak bola timnas Indonesia Marc klok piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Sumber HARITSAH ALMUDATSIR/JAWA POS

PASUNDAN EKSPRES - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, menyebut perjuangan Timnas Indonesia akan berat saat menghadapi dua pertandingan ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi dan Australia. Meskipun demikian, pemain naturalisasi kelahiran Belanda ini berharap pasukan Shin Tae-yong mampu mengalahkan tim Arab Saudi maupun Australia.

“Berat sekali. Tapi kita lihat nanti bagaimana, saya pikir pasti sulit, tapi pasti kita dukung untuk hasil yang terbaik,” ujar Marc Klok saat ditanya prediksi Indonesia melawan Arab Saudi dan Australia. Mengenai kualitas Timnas Indonesia yang sudah lebih baik dari sebelumnya, pemain bernomor punggung 23 di Persib ini menegaskan bahwa semuanya tergantung dari pertandingan.

“Kalau dua kali kalah, kalian bicara sebelumnya lebih bagus, tapi ya kualitasnya bagus,” seloroh Klok. Ia juga meyakini bahwa pemain-pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk babak kualifikasi Piala Dunia 2026 merupakan pemain-pemain yang berkualitas. "Saya harap bisa menang walaupun seperti yang saya katakan pasti sulit," ucap Klok.

Menurut laman resmi PSSI, pelatih Shin Tae-yong memanggil 26 pemain untuk melakoni babak kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi dan Australia. Timnas Indonesia akan lebih dulu bertandang ke Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, untuk melawan Arab Saudi pada Kamis (5/9/2024). Setelah itu, Indonesia akan menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (10/9/2024).

Dua laga awal ini sangat penting bagi skuad Garuda, karena jika mampu meraih poin, dapat memuluskan jalan ke Piala Dunia 2026. Pada kesempatan ini, pelatih Shin Tae-yong memanggil nama-nama langganan seperti Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Jay Idzes, Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, Thom Haye, Rafael Struick, dan lain-lain yang tetap menghiasi skuad Garuda.

Sementara itu, dua bersaudara Yakob dan Yance Sayuri tidak dapat bergabung karena cedera. Kiper Maarten Paes menjadi debutan pada pemanggilan kali ini. Pemain asal FC Dallas tersebut akan bergabung bersama skuad Garuda di Arab Saudi, sementara para pemain lainnya sudah berkumpul sejak Kamis (29/8/2024) di Jakarta sebelum bertolak ke Arab Saudi. 

Dengan persiapan dan pemain berkualitas yang dimiliki, Timnas Indonesia diharapkan dapat memberikan performa terbaiknya meski tantangan besar menanti di depan mata.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua