Tekno

10 Daftar Fitur Unggulan Gemini AI, Lebih Canggih Daripada ChatGPT

Gemini AI
10 fitur unggulan dari Gemini AI. (screenshot @wikipedia)

PasundanEkspres - Gemini AI memiliki kemampuan unggul dalam menyelesaikan masalah dengan teks, gambar, video, audio, dan kode. Kecerdasan buatan ini mampu memberikan respons orisinal dengan mencantumkan sumber kutipan terbaru dan terpercaya.

AI generatif ini dikembangkan dengan Model Bahasa Besar (LLM) yang dapat memahami dan mengekstraksi hubungan kata dalam berbagai bahasa. Gemini AI mampu membuat, meringkas, dan menerjemahkan teks ke dalam 40 bahasa dengan kosa kata yang baik.

Sejak diluncurkan pada 6 Desember 2023, Gemini AI disebut sebagai model pertama yang berhasil mengungguli pakar manusia dalam MMLU (Massive Multitask Language Understanding). Google mengembangkan kecerdasan buatan ini pada aplikasi lain seperti AlphaCode 2, Google Piksel, Android 14, Verteks AI, Google AI Studio, dan Search.

Fitur Unggulan Gemini AI

Dilansir dari laman TechTarget, Gemini AI merupakan rebranding dari kecerdasan buatan Google yaitu Bard. Beberapa fitur unggulan yang bisa digunakan antara lain:

1. Meringkas Teks

Gemini AI dirancang sebagai percakapan mandiri yang menghasilkan konten orisinal. Ringkasan yang dihasilkan adalah reproduksi ulang yang dikutip dari sumber aktual dan terpercaya di Google.

2. Membuat Teks Artikel

Fitur chatbot tanya jawab di Gemini AI dapat menghasilkan teks sesuai permintaan pengguna. Artikel yang dihasilkan dijamin tidak plagiat dengan kutipan berupa URL yang bisa diakses pengguna.

3. Terjemah Teks

Pada fitur Gemini AI basic, pengguna dapat menerjemahkan ke dalam 40 bahasa termasuk Indonesia dan Inggris. Pada Gemini Advanced, terdapat 35 bahasa tambahan yang diluncurkan secara berkala.

4. Pemahaman Gambar

Gambar yang diajukan pengguna via chatbot Gemini AI dapat diuraikan menjadi bagan, gambar, dan diagram lain yang mudah dipahami. Uraian visual bisa dikaji lebih dalam dengan mengajukan pertanyaan lanjutan di kolom obrolan.

5. Pemrosesan Audio

Layaknya sistem deteksi Google lainnya, Gemini AI dapat mengenali ucapan yang diajukan pengguna. Hasil yang ditampilkan otomatis akan diterjemahkan sesuai dengan yang diucapkan pengguna.

6. Pemahaman Video

Cuplikan video yang dikirimkan ke Gemini AI dapat ditelusuri secara lengkap. Seluruh komponen yang diminta akan terjawab beserta link sumber yang tertera.

7. Penalaran AI Multimodal

Gemini AI tidak hanya menunjukkan hasil konten pemrosesan teks, visual, video, dan audio, tetapi juga cara memperolehnya. AI multimodal membantu pengguna memahami bagaimana kode bahasa pemrograman yang ditampilkan oleh Gemini AI.

8. Pembuatan Kode

Pembuatan kode adalah salah satu manfaat dari implementasi AI Multimodal. Gemini AI dapat memahami, menjelaskan, dan menghasilkan kode dalam bahasa pemrograman populer seperti Python, Java, C++, dan Go.

9. Pemahaman 4 Sektor Ilmu

Dikutip dari laman Hgs, Gemini AI memiliki bidang keahlian dari ilmu komputer, ilmu geospasial, kesehatan, hingga teknologi terintegrasi lainnya. Kecerdasan buatan ini dapat membantu pengguna mengambil keputusan berdasarkan transfer domain dan pengolahan data internal.

10. Pengenalan Emosi

Gemini AI memiliki kemampuan analisis sentimen yang baik dari teks yang dikirimkan pengguna. Google terus mengembangkan kemampuan dan pola pengembangan percakapan Gemini AI agar responsif dan sesuai keinginan pengguna.

Varian Gemini AI

Gemini AI rilis dengan 3 varian yaitu Nano, Pro, dan Ultra untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna. Kelebihan dan fitur masing-masing AI tersebut adalah:

  • Gemini AI Nano (gratis): Menyelesaikan tugas cepat dari perangkat dengan sistem AICore.
  • Gemini Pro (gratis): Merancang performa konten dalam skala besar di tingkat menengah.
  • Ultra (Advanced): AI kelas atas yang mampu memahami perintah lebih kompleks dan panjang.

Gemini AI Lebih Unggul Dibandingkan ChatGPT

Gemini AI dan ChatGPT memiliki potensi yang sama untuk menghasilkan konten anti plagiat. Keduanya menggunakan LLM tanpa fitur deteksi plagiarisme bawaan. Namun, Gemini AI diklaim lebih unggul karena ketersediaan sumber yang ada.

Gemini AI dapat menampilkan hasil kutipan pada teks buatannya dengan URL sumber. Sedangkan ChatGPT hanya menyajikan konten tanpa diketahui sumber yang diambil. Namun, beberapa fitur di Gemini AI bersifat terbatas dan harus di-upgrade ke versi berbayar.

Beberapa fitur yang ada di Gemini Advanced antara lain konektivitas dengan Gmail dan layanan Google lainnya, ruang penyimpanan tambahan sebesar 2 TB, dan fitur eksklusif lainnya. Proses upgrade bisa dilakukan di aplikasi HP maupun web Gemini AI.

Syarat dan Cara Menggunakan Gemini AI

Syarat Menggunakan Gemini

  • Berusia lebih dari 13 tahun, kecuali wilayah Eropa, Kanada, dan Swiss (berusia lebih dari 18 tahun).
  • Memiliki akun Google pribadi atau Google Workspace (opsional).
  • Menggunakan versi Android 10 ke atas dengan RAM 2 GB atau lebih.
  • Atau menggunakan iPhone dengan iOS 16 atau yang lebih baru.

Cara Menggunakan Gemini AI

1. Buka "gemini.google.com" di browser.

2. Tuliskan hal yang dibutuhkan di kolom "Masukkan Perintah di sini".

3. Klik ikon gambar untuk mengirim gambar.

4. Tekan lama ikon mikrofon untuk mengirim perintah suara.

5. Pastikan untuk menulis kata dengan sederhana dan mudah dipahami dengan memaksimalkan batas maksimal kata. Jangan mengunggah file dengan ukuran melebihi batas yang ditentukan.

6. Klik "Enter" untuk mengirim perintah.

7. Tunggu beberapa saat hingga hasil muncul seluruhnya. Sumber kutipan berada di paling bawah teks.

Demikian fitur unggulan Gemini AI dan alasannya diklaim lebih canggih daripada ChatGPT. Menurut Google, hasil uji rilis Gemini 1.5 Pro per 15 Februari 2024 mengungguli versi 1.0 Pro hingga 87% dari tolak ukur yang ditetapkan. Tercatat ada 2 fitur baru Gemini AI yaitu ekstraksi video dan panggilan paralel yang akan dirilis pada bulan Juni 2024.

Berita Terkait