Tekno

Peringatan untuk Pemilik HP Android, Segera Hapus 3 Aplikasi Ini !

Peringatan untuk Pemilik HP Android, Segera Hapus 3 Aplikasi Ini
Peringatan untuk Pemilik HP Android, Segera Hapus 3 Aplikasi Ini/foto ilustrasi HP kena Malware via Screenshot Freepik (daboost)

PASUNDAN EKSPRES - Tim peneliti siber dari ESET telah mengidentifikasi tiga aplikasi berbahaya yang ditujukan untuk pengguna Android. 

Pengguna yang memiliki aplikasi-aplikasi ini di ponsel mereka disarankan untuk segera menghapusnya.\

Aplikasi yang dimaksud adalah Dink Messenger, Info Sim, dan Defcom. Ketiga aplikasi ini diketahui mengirimkan malware ke perangkat pengguna. Para pelaku di balik malware ini menargetkan pengguna di India dan Pakistan.

BACA JUGA:8 Cara Atasi Data Seluler Aktif Tapi Tidak Bisa Internetan dengan Mudah dan Dijamin Pulih Kembali 

Malware ini dapat mengakses berbagai informasi di perangkat, termasuk daftar kontak dan lokasi GPS. Bahkan, malware ini berpotensi mengakses informasi keuangan pengguna, termasuk data perbankan.

"Aplikasi yang mengandung XploitSPY dapat mengekstrak daftar kontak, file, lokasi GPS perangkat, serta nama file di direktori tertentu yang terkait dengan kamera, unduhan, dan berbagai aplikasi pesan seperti Telegram dan WhatsApp," jelas tim peneliti ESET, seperti dikutipo dari Yahoo News pada Kamis (16/5/2024).

Peneliti juga menjelaskan bahwa malware ini menggunakan alat pengembangan aplikasi yang sah. 

Namun, alat ini dimanfaatkan untuk menyimpan informasi sensitif, sehingga menyulitkan alat keamanan dalam menjalankan fungsinya.

"Malware ini juga menggunakan library asli yang biasanya digunakan untuk meningkatkan kinerja dan mengakses fitur sistem dalam pengembangan aplikasi Android.

Dalam kasus ini, library tersebut digunakan untuk menyimpan informasi sensitif, seperti alamat dari server C&C, sehingga membuat alat keamanan kesulitan menganalisis aplikasi," tambah para peneliti.

Pengguna Android disarankan untuk segera memeriksa apakah mereka memiliki tiga aplikasi tersebut di perangkat mereka. Jika ya, segera hapus aplikasi tersebut dengan langkah berikut.

1. Buka aplikasi Google Play Store.

2. Klik ikon Profil dan pilih opsi "Manage apps and devices."

3. Cari nama aplikasi yang ingin dihapus.

4. Klik "Uninstall" untuk menyelesaikan proses penghapusan.

BACA JUGA:Performa Chip M4 iPad Pro Meningkat 25% Dibandingkan M3

Langkah ini penting untuk melindungi data dan privasi Anda dari ancaman malware yang mungkin ada di aplikasi tersebut.

(hil/hil)

 

Berita Terkait