Tekno

Apple Gandeng Meta, Untuk Era Baru AI di Perangkat Apple

Apple gandeng Meta
Apple kini kolaborasi dengan Meta untuk wujudkan AI di perangkat Apple. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Apple dan Meta sebelumnya sempat berselisih terkait isu privasi, toko aplikasi, dan lainnya. Namun kini, Apple sedang mendekati perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg tersebut untuk kolaborasi dalam bidang kecerdasan buatan (AI).

Berdasarkan laporan dari Wall Street Journal, Apple dan Meta tengah berdiskusi mengenai kemitraan untuk mengintegrasikan model AI milik Meta guna memperkuat fitur-fitur Apple Intelligence di perangkat terbaru Apple.

Selain Meta, Apple juga mempertimbangkan kolaborasi dengan beberapa startup AI lainnya, seperti Anthropic dan Perplexity. Menurut WSJ, diskusi ini masih berlangsung dan belum mencapai kesepakatan final, sehingga masih ada kemungkinan gagal.

Kemitraan yang sedang dibicarakan Apple dengan Meta, Anthropic, dan Perplexity ini mirip dengan kolaborasi yang sudah mereka lakukan dengan OpenAI. Pada acara WWDC awal bulan ini, Apple secara resmi mengumumkan kerja sama dengan OpenAI untuk menghadirkan ChatGPT di sistem operasi terbaru untuk iPhone, iPad, dan Mac.

Dalam acara tersebut, Craig Federighi, SVP of Software Engineering Apple, juga menyebut Google Gemini sebagai salah satu model AI yang mungkin akan dimasukkan ke Apple Intelligence di masa depan.

"Kami ingin memudahkan pengguna untuk memilih model (AI) yang mereka inginkan," ujar Federighi saat itu, dikutip dari Engadget, Selasa (25/6/2024).

Namun, saat ini hanya OpenAI yang telah dikonfirmasi sebagai mitra Apple. Model AI GPT-4o milik OpenAI akan diintegrasikan ke dalam Apple Intelligence untuk meningkatkan kemampuan Siri dan aplikasi lainnya.

Integrasi GPT-4o di Siri dapat diakses oleh pengguna Apple secara gratis. Berdasarkan ketentuan kesepakatan, OpenAI tidak diperbolehkan mengumpulkan data pengguna dan harus menghapus semua informasi setelah permintaan diproses.

Apple Intelligence akan tersedia tahun ini sebagai bagian dari pembaruan iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia. Layanan AI ini akan tersedia terlebih dahulu dalam bahasa Inggris, untuk iPhone 15 Pro, iPhone 15 Pro Max, serta iPad dan Mac yang menggunakan chip M1 atau lebih baru.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua