Tekno

Apple Maps Sekarang Bisa Diakses Pakai Browser

Apple Maps
Apple Maps kini bisa diakses lewat browser. (screenshot @beta.maps.apple.com)

PasundanEkspres - Apple telah meluncurkan layanan Maps melalui web sebagai bagian dari beta publik. Pengguna kini dapat mengaksesnya lewat browser di berbagai perangkat, termasuk PC Windows.

Apple Maps pertama kali diperkenalkan pada tahun 2012. Meskipun terus mengalami peningkatan, pengguna hanya bisa mengaksesnya melalui perangkat iPhone, iPad, dan Mac.

"Hari ini, Peta Apple di web tersedia dalam versi beta publik, memungkinkan pengguna di seluruh dunia untuk mengakses Peta langsung dari browser mereka," demikian pernyataan resmi Apple.

Sekarang, pengguna dapat mendapatkan petunjuk arah mengemudi dan berjalan kaki; menemukan tempat-tempat menarik dan informasi berguna termasuk foto, jam buka, rating, dan ulasan; melakukan tindakan seperti memesan makanan langsung dari kartu tempat di Peta; dan menelusuri Panduan pilihan untuk menemukan tempat makan, berbelanja, dan menjelajah di berbagai kota di seluruh dunia. Fitur tambahan, termasuk Lihat Sekitar, akan tersedia dalam beberapa bulan ke depan.

Saat ini, Apple Maps dapat diakses lewat Safari, Edge, atau Chrome di Mac dan iPad. Pengguna PC Windows dapat mengakses layanan peta ini melalui Chrome dan Edge. Pengguna iPhone tetap menggunakan Apple Maps melalui aplikasi.

Saat ini, Apple Maps versi web baru tersedia dalam bahasa Inggris. Namun, raksasa teknologi besutan Steve Jobs ini berencana menambah dukungan bahasa, perangkat, dan browser dari waktu ke waktu.

Lebih lanjut, Apple menyatakan bahwa pengembang -termasuk yang menggunakan MapsKit JS- sekarang dapat menautkan ke Maps di web. Hal ini memudahkan pengguna untuk mendapatkan petunjuk arah dan melihat informasi terperinci tentang tempat-tempat.

Kehadiran Apple Maps di web memungkinkan lebih banyak orang mengakses layanan tersebut, yang akan membuat persaingan dengan Google Maps semakin ketat. Namun, Apple perlu berupaya keras untuk menyusul kompetitornya itu, yang memberikan pengalaman serupa antara versi aplikasi dan web, serta menyediakan fitur-fitur lokal yang membantu navigasi pengguna.

Bagi yang ingin mencoba Apple Maps versi web, dapat mengaksesnya di beta.maps.apple.com.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua