Tekno

Transfer Foto dari Google Photos ke iCloud Kini Lebih Mudah

Transfer Foto dari Google Photos ke iCloud
Transfer Foto dari Google Photos ke iCloud jadi lebih mudah. (screenshot @google.com)

PasundanEkspres - Apple dan Google telah bekerja sama untuk meluncurkan alat baru yang memungkinkan pengguna mentransfer koleksi foto mereka langsung ke iCloud Apple.

Inisiatif ini mengikuti peluncuran alat yang memungkinkan pengguna mentransfer Foto iCloud ke Foto Google pada tahun 2021. Kolaborasi antara Apple dan Google ini merupakan bagian dari Proyek Transfer Data, sebuah inisiatif sumber terbuka yang berfokus pada portabilitas data di berbagai platform online.

"Mulai hari ini, Apple dan Google memperluas penawaran transfer data langsung mereka untuk memungkinkan pengguna Google Photos mentransfer koleksi mereka secara langsung ke iCloud Photos. Hal ini melengkapi dan menyempurnakan transfer yang sudah ada yang pertama kali dimungkinkan dari Foto iCloud ke Foto Google dan memenuhi prinsip utama Inisiatif Transfer Data (DTI), yaitu timbal balik," demikian pernyataan Google dan Apple sebagaimana mengutip dari 9to5mac.

DTI diluncurkan pada tahun 2023 sebagai kolaborasi antara Apple, Google, dan Meta. Secara resmi, alat ini dibentuk untuk memajukan tujuan Proyek Transfer Data (DTP) sumber terbuka, yang dimulai lima tahun sebelumnya.

Secara tak resmi, mungkin bukan suatu kebetulan bahwa DTI diluncurkan beberapa bulan sebelum Komisi Eropa menetapkan "penjaga gerbang" di bawah Undang-Undang Pasar Digital, dan tujuan DTI secara kebetulan sesuai dengan peraturan tersebut.

Kemampuan dari Apple dan Google ini akan diluncurkan dalam minggu depan dan merupakan alat terbaru yang didukung oleh teknologi Data Transfer Project (DTP) sumber terbuka, bergabung dengan alat portabilitas langsung yang tersedia untuk miliaran orang yang saat ini ditawarkan oleh DTI dan mitra pendirinya, yaitu Apple, Google, dan Meta.

Apple dan Google telah menerbitkan artikel dukungan yang merinci proses pemindahan koleksi dari Google Photos ke iCloud Photos. Apple menyatakan bahwa layanan ini akan tersedia di lebih dari 240 negara dan wilayah di seluruh dunia.

Alat baru ini akan mengotomatiskan proses transfer dari Google Photos ke iCloud, sehingga pengguna tidak perlu mengunduh, mengunggah, atau melakukan apa pun selain memulai prosesnya di web.

Di halaman dukungan Apple disebutkan bahwa proses ini bisa memakan waktu dari beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada ukuran transfer. Memindahkan foto-foto dari Google ke iCloud tak akan menghapusnya dari Google Photos, sehingga pengguna harus menghapusnya secara manual bila diinginkan.

Selain itu, layanan ini tidak dapat digunakan untuk akun anak, akun Managed Apple ID (akun yang diatur oleh admin TI), atau akun iCloud yang mengaktifkan Perlindungan Data Lanjutan.

Setelah diluncurkan, pengguna bisa memulai prosesnya di Google Takeout. Lebih lanjut, pengguna bisa membaca petunjuk dari Google dan Apple untuk mengetahui semua informasi lengkapnya.

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua