Tekno

AMD Zen 5 Akan 40% Lebih Kencang dari Pendahulunya Zen 4

AMD Zen 5
AMD Zen 5 bakalan lebih kencang dari Zen 4. (screenshot @amd.com)

PASUNDAN EKSPRES - CEO AMD, Lisa Su, telah mengonfirmasi bahwa CPU yang didasarkan pada Zen 5 akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2024. Pertanyaannya sekarang, seberapa besar peningkatannya?

Berdasarkan rumor yang didasarkan pada sumber @Kepler_L2, inti yang berbasis pada Zen 5 ini dikabarkan akan jauh lebih cepat dibanding Zen 4. Menurut postingan di forum AnandTech, berdasarkan benchmark SPEC, Zen 5 ini diperkirakan akan memiliki kinerja 40% lebih tinggi dibanding Zen 4.

Namun, belum dijelaskan apakah peningkatan ini terutama terjadi pada pengukuran integer atau floating-point. Jika peningkatannya berfokus pada integer, itu akan lebih penting karena akan berdampak pada kinerja komputasi single threaded dan multi threaded.

Selain itu, belum ada penjelasan apakah peningkatan 40% ini merupakan peningkatan rata-rata atau maksimum.

Arsitektur core Zen 5 juga diantisipasi akan menjadi unggulan AMD untuk CPU mereka setidaknya dalam dua tahun ke depan. Ini termasuk prosesor desktop Granite Ridge yang diperkirakan akan dirilis dengan nama Ryzen 9000 pada akhir 2024.

Chip lain yang kemungkinan akan menggunakan arsitektur ini termasuk APU Strix Point, serta CPU laptop Fire Range dan APU Strix Halo, yang semuanya dijadwalkan untuk dirilis pada tahun 2024, menurut Techspot yang dikutip oleh Pasundanekspres pada Rabu (3/4/2024).

Tentu saja, jajaran prosesor server EPYC juga akan diperbarui dengan arsitektur Zen 5. Ini termasuk Zen 5 Nirvana dan 5C Prometheus yang dijadwalkan akan dirilis pada akhir 2024. Berdasarkan rumor sebelumnya, chip ini akan diproduksi menggunakan proses 3nm milik TSMC dan mulai diproduksi massal pada kuartal ketiga tahun 2024. Untuk referensi, arsitektur Zen 4 dibuat menggunakan proses 5nm dan 4nm.

AMD sebelumnya juga telah mengonfirmasi bahwa Zen 5 akan menawarkan peningkatan di beberapa area dibanding Zen 4, termasuk kinerja, efisiensi, integrasi AI, dan optimasi pembelajaran mesin.

Berita Terkait