Tekno

Selamat Tinggal iPhone 15, Apple Intelligence Hanya Kompatibel di Dua iPhone

Apple Intelligence
Apple Intelligence cuma support di 2 iPhone. (screenshot @apple.com)

PasundanEkspres - Apple akhirnya melangkah ke dunia kecerdasan buatan (AI) dengan mengumumkan hadirnya Apple Intelligence di WWDC 2024. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia pada sejumlah perangkat yang sudah ada.

Apple Intelligence merupakan "payung" bagi berbagai fitur AI yang diperkenalkan oleh Apple. Mirip dengan Galaxy AI milik Samsung dan Gemini milik Google. Dalam keynote Apple di WWDC 2024, terlihat bahwa Apple Intelligence menawarkan berbagai kemampuan menarik yang akan menjadi keunggulan di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia.

Namun, kehadiran Apple Intelligence ini terbatas pada perangkat tertentu, terutama perangkat iPhone. Saat ini, Apple Intelligence hanya tersedia pada iPhone yang menggunakan chip A17 Pro, yakni iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Bahkan, iPhone 15 dan 15 Plus pun tidak kompatibel dengan Apple Intelligence.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh kemampuan pengolahan AI pada chip yang hanya ada di A17 Pro. Namun, beberapa bulan ke depan, Apple akan meluncurkan iPhone 16 yang dirumorkan akan menggunakan chip A18 di setiap versinya. Jadi, mungkin Apple Intelligence nantinya juga akan tersedia di iPhone 16, tidak terbatas pada varian Pro.

Menariknya, persyaratan Apple Intelligence ini tampak "lebih rendah" untuk perangkat iPad dan Mac, karena syarat minimalnya hanya chip M1, yang dirilis pada November 2020. Sebagai perbandingan, A17 Pro dirilis pada September 2023.

Kemampuan neural engine (prosesor AI) yang digunakan di A17 Pro memang luar biasa, mampu menangani 35 trillion operations per second (TOPS). Sementara itu, A16 Bionic yang digunakan di iPhone 14 Pro dan iPhone 15 hanya bisa menangani 17 TOPS.

Namun, kemampuan neural engine M1 jauh di bawah itu, hanya 11 TOPS di M1, M1 Pro, dan M1 Max, serta 22 TOPS di M1 Ultra. Meskipun lebih rendah dibanding A16 Bionic, Apple tetap menghadirkan Apple Intelligence di perangkat Mac dan iPad dengan chip tersebut.

Mungkin ini adalah strategi Apple untuk meningkatkan penjualan seri iPhone 16, terutama karena saat ini penjualan iPhone sedang menurun.

Sebagai informasi, proses pengolahan Apple Intelligence yang ringan akan dilakukan secara internal di dalam perangkat pengguna, sementara proses yang lebih rumit akan dilakukan melalui cloud, menggunakan data center Apple yang menggunakan Apple Silicon sebagai otaknya.

Berikut adalah daftar perangkat yang kompatibel dengan Apple Intelligence:

  • iPhone 15 Pro
  • iPhone 15 Pro Max
  • iPad Pro dengan chip M1 dan setelahnya
  • iPad Air dengan chip M1 dan setelahnya
  • MacBook Air dengan chip M1 dan setelahnya
  • MacBook Pro dengan chip M1 dan setelahnya
  • iMac dengan chip M1 dan setelahnya
  • Mac mini dengan chip M1 dan setelahnya
  • Mac Studio dengan chip M1 Max dan setelahnya
  • Mac Pro dengan chip M2 Ultra dan setelahnya

Berita Terkait