Tekno

LG Update QNED TV Kini Pakai Prosesor Lebih Kencang dan OS yang Lebih Panjang

LG update QNED TV
LG update prosesor QNED TV yang lebih kencang dan lebih panjang. (screenshot @lg.com)

PasundanEkspres - LG telah memperbarui rangkaian televisi QNED di Indonesia. Tidak hanya menghadirkan prosesor yang lebih cepat tetapi juga dukungan sistem operasi (OS) yang lebih panjang.

LG QNED menggunakan teknologi Quantum Dot, yang banyak ditemukan di televisi LED di pasaran. Teknologi ini bekerja dengan komponen menyerupai butiran kristal.

Dengan memiliki tiga sumber cahaya yang masing-masing menghasilkan warna dasar yang berbeda, butiran kristal ini mampu mereproduksi cahaya dengan lebih baik untuk menghasilkan warna yang lebih akurat dengan kontras lebih tinggi.

Namun berbeda dari para pesaingnya, LG mengombinasikan Quantum Dot dengan NanoCell. Ini adalah lapisan nanopartikel ekstra pada panel LED yang berfungsi sebagai filter warna yang menyaring cahaya dalam panjang gelombang cahaya yang dihasilkan panel LED dengan Quantum Dot.

"Perpaduan ini menghasilkan spektrum warna lebih luas, tampilan lebih cerah dengan kedalaman warna lebih dramatis. Hal ini akan sangat terasa pada visual kaya warna dengan gradasi tinggi pada pertemuan antar warna. Seperti pada berbagai film maupun game yang dibuat dengan teknologi visualisasi terkini," jelas Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment, LG Electronics Indonesia di Jakarta, Selasa (28/5/2024).

Agar tampilan lebih maksimal lagi, LG turut menyematkan fitur kecerdasan buatan (AI) pada QNED TV terbarunya. Supaya prosesnya lancar, raksasa teknologi asal Korea Selatan ini membekali perangkatnya dengan prosesor baru Alpha 8 dan Alpha 5 Gen 7.

"Peningkatan performanya dua kali dibanding generasi sebelumnya, baik dari segi NPU, GPU dan CPU," klaim Vincent.

Jajaran QNED TV akan menjalankan sistem operasi webOS versi terbaru. Pengguna dijanjikan dapat melakukan personalisasi, dan berkat adanya AI, TV mampu mengenali pola pengguna.

Berbeda dari sebelumnya, LG menjanjikan pengguna akan dapat terus menikmati pembaruan versi lebih lama. Setiap pembaruan dijamin tidak membuat TV menjadi lambat.

"Kami memberikan update hingga lima tahun. Dan kami pastikan update stabil sebelum dirilis sehingga tidak membuat performa TV jadi menurun," tutup Vincent.

Berita Terkait