Tekno

WhatsApp Merilis Fitur Event di Grup, Apa Fungsinya?

Event grup Whatsapp
Event grup Whatsapp. (screenshot @wabetainfo)

PasundanEkspres - Bulan lalu, WhatsApp merilis fitur Event untuk Komunitas yang memungkinkan admin membuat pengumuman untuk event seperti rapat atau kegiatan lainnya. Kini, fitur yang sama telah dibawa ke grup reguler.

Menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp mulai menggulirkan fitur Event di grup untuk beta tester di Android juga iOS. Fitur ini telah tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.24.14.9 serta WhatsApp beta untuk iOS versi 24.13.72.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna buat dan mengelola event secara langsung dari grup. Sebelumnya, fitur ini cuma tersedia buat grup yang tergabung di dalam Komunitas.

Untuk buat event baru di grup, pengguna WhatsApp bisa mengetuk ikon attachment yang berbentuk penjepit kertas pada kolom chat. Setelah itu, pilih ikon 'Event' yang bergambar kalender.

Selanjutnya, masukkan detail dari event seperti nama, deskripsi, tanggal, dan lokasi opsional. Pembuat event pun bisa memilih apakah panggilan telepon dan panggilan video dibutuhkan.

Setelah eventnya dibuat, semua anggota grup WhatsApp dapat melihat event dan detail di dalamnya, serta pembuat event dapat perbarui detail bila dibutuhkan. Pengguna pun dadaw menerima atau menolak undangan untuk mengikuti event tersebut, seperti dikutip dari WABetaInfo, Selasa (02/07/2024).

Perlu diingat bahwa event yang dibuat di grup WhatsApp juga dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Artinya, hanya anggota grup yang bisa mengakses informasi tentang event dan komunikasi di dalamnya.

Fitur Event untuk grup sudah tersedia untuk sejumlah pengguna WhatsApp yang menginstal update versi terbaru via Google Play Store dan Apple App Store. Fitur ini akan diluncurkan untuk semua pengguna dalam beberapa pekan ke depan.

Ke depannya, WhatsApp sedang menjajaki beberapa fitur untuk meningkatkan grup di komunitas yang kemungkinan akan dibawa ke grup reguler. Beberapa di antaranya adalah pengingat untuk event dan opsi untuk memasang foto cover.

Berita Terkait