Tekno

Apple Intelligence, Pesaing Untuk Galaxy AI yang Bakal Hadir di iPhone

Apple Intelligence
Apple Intelligence. (screenshot @apple.com)

PasundanEkpsres - Apple akan segera meluncurkan sistem AI terbaru untuk iPhone, iPad, dan Mac di ajang WWDC 2024, yang diberi nama 'Apple Intelligence'. Bocoran ini berasal dari jurnalis Bloomberg, Mark Gurman, yang kembali membocorkan sejumlah detail tentang fitur-fitur AI di iPhone menjelang peluncurannya.

Dalam laporan terbarunya, Gurman mengatakan bahwa presentasi Apple di WWDC 2024 tidak akan berfokus pada fitur AI yang sedang menjadi tren seperti pembuatan gambar atau video. Sebaliknya, Apple akan menekankan fitur seperti ringkasan berbasis AI, rekomendasi balasan, dan Siri yang didukung oleh AI.

Selain memperkenalkan fitur-fitur AI yang akan hadir di seluruh platform dan aplikasinya, Apple juga kabarnya akan menyediakan akses untuk chatbot ala ChatGPT yang diotaki oleh OpenAI.

Menurut laporan Bloomberg, Apple akan menggunakan teknologinya sendiri dan alat dari OpenAI untuk mendukung fitur AI-nya. Apple juga akan mengandalkan sistem AI on-device dan cloud untuk menjalankan fitur-fitur tersebut.

Produsen iPhone itu dilaporkan akan menggunakan algoritma untuk menentukan apakah tugas tertentu dapat diproses di perangkat atau harus dikirimkan ke server cloud.

Rumor sebelumnya menyebutkan bahwa Apple akan mengandalkan chip M2 buatannya sendiri di pusat data yang dilengkapi dengan Secure Enclave untuk memastikan data yang diproses di server tetap aman seperti pemrosesan di perangkat, seperti dikutip dari The Verge.

Untuk mengatasi isu keamanan lainnya, Gurman mengatakan bahwa Apple tidak akan membuat profil berdasarkan data pengguna. Mereka juga akan menyediakan laporan yang menunjukkan bahwa informasi pengguna tidak dibaca atau dijual kepada pihak lain. Fitur-fitur AI yang ditawarkan Apple akan bersifat opt-in, sehingga pengguna tidak akan dipaksa untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Perangkat Apple yang bisa menjalankan fitur-fitur ini cukup terbatas. Gurman mengatakan bahwa fitur AI lengkap hanya akan bisa diakses di iPhone 15 Pro atau salah satu iPhone 16 series yang akan dirilis, serta iPad atau Mac yang setidaknya mengusung chip M1.

Berita Terkait