Daerah

Dinas Ketahanan Pangan Subang Siap Hadapi Dampak Kekeringan

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang
Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang saat memberikan bantuan pangan kepada masyarakat kurang mampu di pelosok daerah.(Muhammad Faishal/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Dinas Ketahanan Pangan Subang siap hadapi dampak kekeringan dengan berbagai upaya. Hal tersebut dikatakan oleh Kabid Distribusi Cadangan Pangan Agus Gunawan kepada Pasundan Ekspres, kemarin.
Menurutnya, bagaimana kondisi petani yang mempengaruhi ketersediaan pasokan pangan terutama beras. "Bulan-bulan kemarin petani belum panen, jadi mudah-mudahan bulan-bulan kedepannya sudah mulai panen," ucapnya. 

Ia mengatakan apabila hal tersebut terus terjadi maka akan mengakibatkan gagal panen dan terbatasnya ketersediaan pangan. "Kalau ini tidak cepat ditangani maka bisa terjadi gagal panen yang artinya ketersediaan dan pasokan dari beras lokal kita sendiri tidak bisa (mencukupi)," ucapnya. 

Untuk mengantisipasi kekeringan tersebut, Dinas Ketahanan Pangan telah memiliki upaya salah satunya dengan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD). "Kita ada Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) salah satunya untuk menanggulangi baik itu ketersediaan, pasokan distribusi dan bencana alam atau kerawanan pangan," ucapnya. 

"Stok ketersediaan CPPD sudah ada kurang lebih 107 ton untuk beras yang meskipun memang belum memenuhi standar CPPD sendiri," ucapnya. 
Ia menyebutkan CPPD tersebut telah siap untuk disalurkan kepada masyarakat melalui instruksi Bupati apabila terjadi kerawanan pangan atapun kekeringan. 

Disamping itu, terdapat upaya lainnya yaitu dengan mengadakan Gerakan Pangan Murah di beberapa tempat di Kabupaten Subang. "Selain CPPD, kita juga ada Gerakan Pangan Murah dan itu salah satu cara untuk mengantisipasi kerawanan pangan," ucapnya. 

Terakhir, Gerakan Pangan Murah tersebut sudah di lakukan pada Kamis (3/10) di Desa Cupunagara, Kecamatan Cisalak. Gerakan tersebut bertujuan untuk menyediakan bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau, khususnya untuk wilayah terpencil yang sulit dijangkau pasar. 

Selanjutnya, terdapat beberapa program unggulan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Subang untuk menjaga ketersediaan pangan di Kabupaten Subang, antara lain yakni program Penyesuaian Informasi Harga Pangan, program Ketersediaan Pangan, serta Pemantauan Pasokan dan Harga Pangan.(fsh/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua