Daerah

PWI Siap Sukseskan Stabilitas Penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024

PWI Subang
Ketua PWI Subang Zaenal Mutaqin bersama rekan pengurus dan anggota usai menggelar rapat soal suksesi stabilitas penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024 di kantor PWI Subang, Kamis (23/5).

PASUNDAN EKSPRES -Suksesnya penyelenggaran Pilkada di Kabupaten Subang harus didukung oleh semua unsur lembaga pemerintah, TNI/Polri juga lembaga profesi wartawan atau jurnalis sebagai pilar keempat demokrasi di Indonesia.

Oleh karena itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Subang menggelar rapat bersama pengurus dan anggota, membahas soal kontribusi PWI dalam mensosialisasikan serta mensukseskan stabilitas penyelenggaraan  pemilahan  gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota serentak tahun 2024 ini, di kantor PWI Subang, Kamis (23/5).

Rapat tersebut menindaklanjuti adanya Surat Edaran Mendagri Nomor 200.2.1/2222/SJ Tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Guburnur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Serta Walikota dan Wakil Walikota Serentak Tahun 2024.

Dalam surat edaran tersebut tertuang beberapa point diantaranya yaitu, mengalokasikan merealisasikan anggaran 60 % dari total dana hibah yang ada, untuk penyelenggaraan Pemilukada yang dimaksud.

Meningkatkan peran partisipasi  asosiasi atau perhimpunan wartawan untuk berkontribusi  dalam sosialisasi, edukasi dan literasi dalam mencerdaskan masyarakat pemilih, meningkatkan partisipasi pemilih serta mencegah pemberitaan negatif sebagai upaya mensukseskan dan memperkuat legitimasi hasil Pilkada yang dimaksud.

Kerjasama yang dimaksud dilaksanakan bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan asosiasi/perhimpunan wartawan serta organisasi pemberitaan yang memiliki unsur keanggotaan di seluruh indonesia.

Serta melaksanakan koordinasi dengan forum pimpinan daerah TNI/Polri, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat lainnya. guna terlaksananya pemilukada yang kondusif aman dan damai.

Rapat yang  dipimpin oleh Ketua PWI Subang Jaenal Mutaqin didampingi Sekretaris H Yaman Suryaman dan dihadiri para pengurus serta anggota.

Sekretaris PWI Subang H Yaman Suryaman itu, juga membahas serta menindaklanjuti Surat Edaran (SE) PWI Pusat Nomor 391/PWI-P/LXXVIII/2024 tentang sosialisasi dan edukasi penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub), Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) serta Pemilihan Walikota dan Walikota (Pilwalkot) alias Pilkada Serentak Tahun 2024.

Dimana di dalam.surat edaran dari PWI Pusat tersebut tertuang kepada Pengurus PWI provinsi dan kabupaten/kota untuk segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah, KPU dan Bawaslu serta kalangan akademisi dalam hal sosialisasi dan  suksesi pilkada serentak tahun 2024 ini. Dimana jelas PWI sebagai organisasi atau perhimpunan yang memiliki keanggotaan di seluruh indonesia.

“Edaran PWI Pusat ini harus kita bahas dan segera tindaklanjuti dengan langkah langkah konkret, terutama kepada penyelenggaran pilkada KPU dan Bawaslu," ujar Sekretaris PWI Subang H. Yaman Suryaman dipembuka rapat tersebut.

Sementara itu, Ketua PWI Subang Jaenal Mutaqin, mengatakan, pelaksanaan Pilkada 2024 sudah semakin dekat. Karena itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan penyelenggara pemilihan seperti KPU dan Bawaslu serta pihak terkait lainnya mulai dari institusi Polri/TNI maupun Pemda untuk menjalin kerjasama guna mendukung terwujudnya kesuksesan Pilkada Serentak 2024 agar stabilitasnya kondusif, aman dan damai.

"Ya kami siap untuk ikut berkontribusi dan mensosialisasikan pesta demokrasi pilkada serentak ini. Kita akan segera layangkan surat dan permohonan audensi ke KPU dan Bawaslu," kata  Zaenal.(dan).

 

Berita Terkait