Daerah

Lawan Politik Uang, Bawaslu Purwakarta Kerahkan Pengawas Partisipatif

Bawaslu Purwakarta
Bawaslu Kabupaten Purwakarta menggandeng pemilih pemula untuk bersama-sama melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2024 di Kabupaten Purwakarta.(Adam Sumarto/Pasundan Ekspres)

PURWAKARTA-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Purwakarta menggandeng pemilih pemula untuk bersama-sama melakukan pengawasan tahapan Pilkada 2024 di Kabupaten Purwakarta. 

Pemilih pemula di kalangan mahasiswa dan pelajar ini dibekali pengetahuan tentang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 sebagai modal untuk bersama-sama melakukan pengawasan di Purwakarta.

"Teman-teman pelajar dan mahasiswa ini nantinya akan menjadi mitra kami dalam melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada 2024 di Purwakarta," kata Anggota Bawaslu Purwakarta Wahyudin di sela kegiatan Pengawasan Partisipatif Bersama Pemilih Pemula yang digelar di Hotel Ciwareng Inn Purwakarta, Rabu (10/7). 

Adapun pengawasan partisipatif tersebut, sambungnya, terutama berfokus pada pengawasan politik uang, isu SARA, hoaks dan ujaran kebencian.

Disebutkannya, pelajar dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif ini sedikitnya berjumlah 100 peserta. Mereka, lanjutnya, akan menularkan informasi dan ilmu yang diperolehnya dalam kegiatan ini kepada rekan dan lingkungannya masing-masing. Sehingga diharapkan ke depan, pengawasan partisipasif oleh kalangan pemilih pemula bisa dilaksanakan dengan masif.

"Jadi kewajiban temen-teman pemilih pemula ini tidak hanya datang ke tempat pemungutan suara untuk mencoblos, melainkan ada tugas lain yakni mengawasi pelaksanaan Pilkada bersama-sama dengan kami," ujar Wahyudin.

Dirinya menjelaskan, para pengawas partisipasif ini akan berkontribusi dengan Petugas Pengawas Lapangan (PPL) untuk tingkat desa, dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk tingkat kecamatan. "Jika menemukan dugaan pelanggaran, maka para pengawas partisipasif ini akan menginformasikan bahkan melaporkan ke jajaran kami," ucapnya.

Pihaknya berharap, upaya untuk mewujudkan pilkada yang bersih dan sukses merupakan tanggung jawab bersama. Sehingga, ke depan kegiatan serupa akan dilaksanakan dengan melibatkan lembaga dan  elemen masyarakat yang ada di Purwakarta.

"Kami sudah menyiapkan pengawasan partisipasif melalui forum warga, kampung pengawasan dan pojok pengawasan yang sudah dilaunchingkan awal bulan ini. Dan ini adalah bagian dari upaya kami untuk mewujudkan Pilkada Serentak 2024 di Purwakarta supaya berjalan lancar,  bersih sukses tanpa akses," kata Wahyudin.(add/ded)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua