Daerah

Oleh-Oleh Serba Nanas Alam Sari, Menyajikan Khasanah Subang dalam Setiap Gigitan

alam sari
Ade Patas Pemilik UMKM Oleh-Oleh Serba Nanas Alam Sari

SUBANG – Di Desa Tambakmekar, Kecamatan Jalancagak, Subang, terdapat sebuah usaha yang memanfaatkan potensi lokal dengan mengolah nanas menjadi berbagai produk oleh-oleh khas.

Usaha ini dikenal dengan nama "Oleh-Oleh Serba Nanas Alam Sari" dan telah menjadi ikon oleh-oleh khas Subang. 

Ade Patas, pemilik UMKM Alam Sari, menjelaskan untuk seluruh produknya berbahan dasar nanas.

"Saya UMKM Alam Sari, jadi semuanya produksi dari nanas. Nanas itu diolah menjadi delapan produk: dodol, keripik, kerupuk, wajit, coklat, sale nanas, sirup, dan manisan. Potensinya ada di nanas, jadi saya mengembangkannya agar nanas menjadi ikon kota Subang dan oleh-oleh khas Subang adalah Serba Nanas," ucap Ade kepada Pasundan Ekspres Pada, Kamis (1/8).

Produk-produk yang dihasilkan oleh UMKM Alam Sari tidak hanya menawarkan rasa yang lezat tetapi juga menonjolkan keunikan kedaerahan Subang. Ade menambahkan, "Setiap daerah punya ciri khas tersendiri, dan untuk Subang, itu adalah nanas. Oleh-oleh kami menarik karena keunikan daerahnya."

Produk-produk Serba Nanas ini telah mendapat sambutan yang sangat baik dari berbagai kalangan.

Baik pemerintah daerah maupun dinas terkait selalu memastikan bahwa semua oleh-oleh yang dibeli mencakup delapan produk utama tersebut.

Dengan kualitas dan inovasi yang terus dikembangkan, Ade mampu meraih keuntungan yang cukup signifikan.

"Kami bisa mendapatkan keuntungan per bulan mencapai di atas Rp. 75.000.000. Kami juga mengisi oleh-oleh di berbagai tempat seperti Kartika Sari, D'Castello, Rosin, Sari Ater, dan lainnya," jelas Ade.

Melihat keberhasilan ini, Ade berencana untuk terus mengembangkan produk dari nanas.

"Ke depan, kami ingin mengembangkan nanas menjadi beberapa puluh produk, bukan hanya delapan. Nanti bakal ada pai nanas dan inovasi lainnya," kata Ade dengan semangat.

Ade juga berharap bahwa nanas sebagai ikon Subang mendapat dukungan penuh dari pemerintah.

"Subang itu mungkin ke mana-mana dikenal dengan nanasnya, jadi tidak ada salahnya pemerintah mempromosikan bahwa Serba Nanas adalah oleh-oleh khas Subang," harapnya.(hdi)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua