Daerah

Gelorakan Komitmen Zero Accident, PLN UP3 Purwakarta Gelar Apel Inspection Day Bulan K3 Nasional Tahun 2024

PLN Purwakarta
PLN Purwakarta

PASUNDAN EKSPRES - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Purwakarta bersama seluruh PLN se-Jawa, Madura, Bali (JAMALI) melaksanakan Apel Inspection Day K3 secara serentak. Kegiatan ini merupakan salah satu Management Safety Walk Down atau Visible Felt Leadership sebagai sarana sosialisasi pentingnya implementasi K3 di lingkungan kerja PLN dan perwujudan komitmen Direksi dan Manajemen Atas dalam mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan. Kegiatan Inspection Day K3 ini merupakan wujud komitmen PLN dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya K3 pada seluruh karyawan dan mitra kerja di lingkungan kerja PLN.

Kegiatan yang dipusatkan di PLN UP3 Cilacap tersebut dilaksanakan secara daring yang dipimpin oleh Direktur Distribusi, Adi Priyanto bersa,a Executive Vice President ODJ I.B. Ari Wardhana, serta Executive Vice President K3L Doddy B. Pangaribuan dan diikuti secara serentak oleh seluruh Unit Induk Distribusi dan Unit Pelaksana yang tersebar di wilayah Jawa, Madura dan Bali.

Dalam sambutannya, Bapak Adi Priyanto menekankan pentingnya mengutamakan keselamatan di atas segalanya yaitu dengan menghindari tindakan tidak aman, mematuhi prosedur keselamatan dan menggunakan peralatan pelindung diri dengan benar. Selain itu, jajaran Managemen Atas PLN meliputi Executive Vice President (EVP) K3L dan EVP ODJ juga memberikan arahan yang sejalan yakni menekankan pentingnya kepatuhan terhadap budaya K3 dari manajemen hingga pelaksana lapangan.

Kegiatan Inspection Day K3 ini juga bertujuan untuk memastikan bahwa mitra kerja PLN memiliki peralatan kerja dan APD yang sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hal ini penting untuk meminimalisir risiko kecelakaan kerja dan memastikan kelancaran pelaksanaan pekerjaan di lapangan. 

Dalam kesempatan yang sama Grahaita Gumelar selaku Manager PLN UP3 Purwakarta menyampaikan acara Inspection Day K3 kali ini adalah bentuk komitmen manajemen untuk memastikan Alat Pelindung Diri (APD) sudah sesuai standart dan juga ala kerja berfungsi dengan baik. 

"Inspection Day K3 kali ini merupakan wujud komitmen PLN dalam memastikan seluruh APD yang digunakan sesuai standart yang sudah ditetapkan, Alat yang digunakan dalam bekerja dalam kondisi baik, hal ini dirasa penting karena APD dan alat yang digunakan dalam bekerja sangat berpengaruh terhadap keselamatan bekerja”, Kata Gumelar.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan dan ceklis peralatan kerja yang digunakan oleh mitra pelaksana. Pengecekan alat kerja (alker) dilakukan oleh Manajemen dan Pejabat K3L UP3 Sukabumi. 

Sementara itu di tempat terpisah Susiana Mutia selaku General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat yang juga turut mengikuti kegiatan tersebut dengan tegas menyampaikan pentingnya komitmen terhadap keselamatan dan kesehatan dalam lingkungan kerja di PLN. 

Susiana Mutia menyampaikan,” PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat berkomitmen untuk menjadikan K3 bukan lagi kewajiban, namun sebagai kebutuhan, Budaya K3 yang kuat bukan hanya tentang mengikuti protokol dan prosedur, tetapi juga tentang mengubah cara berpikir dan bertindak di tempat kerja agar keselamatan dan kesehatan menjadi prioritas utama”,Ujar Susi .

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua