Daerah

STAI Muttaqien Purwakarta Bekali Guru PAUD STEAM

STAI Muttaqien
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES PELATIHAN STEAM: STAI Muttaqien melalui Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) melaksanakan pelatihan STEAM

PURWAKARTA-Sekolah Tinggi Agama Islam DR. K.H. E.Z. Muttaqien Purwakarta (STAI Muttaqien) melalui Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan STEAM (Sains, Technology, Engineering, Art, Mathematics), Selasa (2/4).

Bertempat di BLKK Anwariyah Sukajaga Desa Cihanjawar, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, pelatihan STEAM tersebut diikuti 14 peserta yang merupakan guru PAUD. Adapun di Desa Cihanjawar ada tiga PAUD dan seluruhnya mengirimkan perwakilan untuk menjadi peserta pelatihan.

Dosen Tetap Prodi PIAUD STAI Muttaqien yang juga menjadi narasumber pada pelatihan tersebut, Annisa Purwani, M.Pd., menyebutkan kegiatan semacam ini merupakan agenda rutin dan dilakukan setahun sekali. "Pelatihan kali ini terkait dengan pembelajaran STEAM. Guru-guru PAUD dikenalkan tentang pembelajaran STEAM dan dapat mengetahui apa itu STEAM," kata Annisa kepada wartawan saat dikonfirmasi, Rabu (3/4). 

Dijelaskannya, praktik pembelajaran STEAM dimulai dari look (melihat), tinkering (bermain-main) dan action (aksi). Para peserta juga diminta dimempresentasikan hasil pembuatan beberapa media pembelajaran STEAM.

Media pembelajaran STEAM yang diajarkan di antaranya elektronik, dan technical board. Harapannya, guru-guru PAUD bisa memahami beberapa metode dan media yang digunakan untuk proses pembelajaran, apalagi ini berkaitan dengan program MBKM atau Merdeka Belajar Kampus Merdeka. "Kami berharap pelatihan STEAM ini bisa meng-upgrade pengetahuan para guru dan menjadi inovasi dalam membuat media pembelajaran. Seluruh peserta juga mendapatkan sertifikat pelatihan," ujarnya.(add/sep)

Berita Terkait