Daerah

Ciptakan Kamtibmas Jelang Pilkada 2024, Awak Media Diajak Tangkal Berita Hoax

Pilkada 2024
Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu didampingi Kasat Intelkam IPTU Agus Suwartono bersama Ketua PWI Subang Zaenal Mutaqien beserta jajarannya usai audensi di ruang kerjanya, Senin (22/7).(Dadan Ramdan/Pasundan Ekspres)

SUBANG-Menjelang pilkada serentak 2024 di Kabupaten Subang, jajaran Polres Subang terus berupaya menciptakan kondisi Harkamtibmas yang aman dan nyaman. Hal tersebut disampaikan Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu didampingi Kasat Intelkam Iptu Agus Suwartono, saat audensi dengan jajaran pengurus PWI Subang yang dipimpin oleh Ketua PWI Subang Zaenal Mutaqien, di ruang kerjanya, Senin (22/7).

Hal tersebut sejalan dengan adanya surat edaran Mendagri dan PWI Pusat tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Serentak Tahun 2024.

Menurutnya, untuk menstabilisasi situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten Subang pada semua tahapan pilkada nanti, baik dari tahapan awal, masa kampanye hingga hari pencoblosan. Tentunya harus dibangun oleh semua unsur masyarakat, termasuk media dalam hal ini PWI Subang juga turut serta dalam stabilitas pilkada serentak tahun ini. "Ya bagaimana membuat narasi berita yang mendukung terciptanya kamtibmas yang aman nyaman dan kondusif, jangan sampai ada berita hoax," kata Ariek.

Dikatakannya, soal pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat bukan hanya tugas Polri, jajaran Polres Subang tidak mungkin dapat menjangkau semua, karena keterbatasan personil.

Oleh karenanya, pihaknya sangat menyambut baik adanya silaturahmi dan audensi dengan PWI Subang, dalam rangka stabilitas pilkada serentak di Kabupaten Subang. "Kita kan perlu kondisi yang sejuk dan harkamtibmas yang aman, sangat perlu dukungan media dan PWI sebagai wadah organisasi kewartawanan yang profesional dan diakui oleh Dewan Pers," tuturnya.

Kapolres juga meminta kepada masyarakat Subang untuk bisa menyalurkan hak pilihnya tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak manapun. Masyarakat juga diimbau tidak terprovokasi oleh oknum yang tidak bertanggungjawab yang dapat mempengaruhi situasi dan kondisi pilkada menjadi tidak aman. "Saya berusaha untuk menjaga kesejukan dan rasa aman, jangam sampai ada benturan antar warga, sehingga semua tahapan pilkada di Subang ini, berjalan dengan lancar dan aman," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua PWI Subang Zaenal Mutaqien menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan Kapolres Subang AKBP Ariek Indra Sentanu dalam audensi tersebut.

PWI juga akan berperan secara pro aktif dalam hal mengawal stabilitas penyelenggaraan Pilkada Serentak ini, bisa berjalan aman dan kondusif.(dan/sep)

Berita Terkait
Terkini Lainnya

Lihat Semua