Daerah

Marwah Sapu Bersih Medali Emas Seleksi O2SN, Melaju ke Provinsi untuk Cabang Renang

Cabang Renang
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES PERFORMA TERBAIK: Marwah Rifa Suryadi siap menunjukkan performa terbaiknya pada kejuaraan renang O2SN di tingkat Provinsi Jawa Barat.

PURWAKARTA-Marwah Rifa Suryadi menunjukkan performa maksimal saat mengikuti kejuaraan seleksi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) cabang renang SD-SMP Tingkat Kabupaten Purwakarta yang digelar di Kolom Renang Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta, belum lama ini.

Betapa tidak, siswi kelas 5 SD Plus Al-Muhajirin ini menyapu bersih seluruh medali emas di enam nomor kejuaraan renang tersebut. Keenamnya yakni, Juara 1 Gaya Bebas 100 meter, Juara 1 Gaya Dada 50 meter, Juara 1 Gaya Punggung 50 meter, Juara 1 Gaya Dada 100 meter, Juara 1 Gaya Kupu 50 meter dan Juara 1 Gaya Bebas 50 meter.

Atas capaiannya itu, Marwah berhak mendapatkan tiket ke provinsi mewakili Kabupaten Purwakarta di tingkat Jawa Barat yang dijadwalkan akan berlangsung pada 1 - 4 Juni 2024 mendatang.

Ayahanda Marwah yang juga Pelatih Fisik dan Nutrisi, Aipda Suryadi, S.H., menyebutkan, prestasi yang diraih Marwah bukan didapatkan begitu saja, melainkan melalui proses latihan rutin dan disiplin dalam menjaga asupan. "Alhamdulillah, prestasi yang dicetak Marwah berkat dukungan semua pihak. Termasuk dari Dinas Olahraga, Pelatih Renang Pak Budi Dharmawan serta Club Talenta Aquatic di bawah naungan Aquatik Kabupaten Purwakarta yang diketuai Pak Pian Apianto," kata Yadi, panggilan akrabnya, kepada wartawan, Kamis (2/5).

Pria yang juga menjabat sebagai Kanit Patroli Satpolairud Polres Purwakarta ini mengatakan, saat mengikuti kejuaraan seleksi O2SN cabang renang itu, Marwah harus bersaing dengan 141 perenang lainnya dari berbagai sekolah di Kabupaten Purwakarta. "Sebagai atlet renang, Marwah wajib melakukan kombinasi latihan fisik, baik di air maupun di darat atau dryland. Di antaranya seperti latihan kekuatan dan ketahanan yang akan sangat membantu performanya," ujar Yadi yang juga mantan binaragawan sekaligus instruktur fitnes dan personal trainer Klub Ade Rai ini.

Latihan tersebut, sambungnya, sangat berguna dalam hal menambah tenaga, kecepatan, kekuatan maupun ketahanan. Sementara untuk asupannya, lanjut dia, saat ini Marwah kerap mengonsumsi daging sapi seperti Sate Maranggi. "Daging bagus untuk performa renang  dan mengandung creatin monohydrate  berguna untuk meningkatkan performa, energi dan tenaga, pertumbuhan otot dan mengurangi rasa lelah otot setelah latihan," ucap Yadi.

Disinggung tentang target O2SN tingkat Jabar, Yadi optimis Marwah akan menunjukkan performa terbaiknya. Terlebih, kata Yadi, Marwah memiliki pengalaman yang sediki banyak membentuk mental juaranya. "Marwah mendapat enam medali emas  O2SN renang tingkat Purwakarta pada 2023 dan berhasil mempertahankan gelar juara bertahan pada tahun ini juga dengan meraih enam medali emas O2SN 2024," kata Yadi.

Marwah pernah mendapatkan dua medali perunggu O2SN tingkat Jabar 2023 juga sebagai Perenang Terbaik tingkat Jabar 2022 dengan perolehan tujuh medali emas dan dua perak. "Selain rutin berlatih dan menjaga asupan, kami juga berharap doa dan dukungan semua pihak agar Marwah bisa kembali menampilkan performa terbaiknya di tingkat Jawa Barat nanti," ujarnya.(add/sep)

Berita Terkait