Daerah

Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer POLSUB Bantu Pengembangan Bisnis UMKM

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan POLSUB, Wiwik Endah Rahayu STP MSi bersama dengan Sekretaris Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer POLSUB Rian Piarna SE MM berbincang dengan mahasiswa "Project dan Tikbiru Days".
Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan POLSUB, Wiwik Endah Rahayu STP MSi bersama dengan Sekretaris Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer POLSUB Rian Piarna SE MM berbincang dengan mahasiswa "Project dan Tikbiru Days".

SUBANG-Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer Politeknik Negeri Subang (POLSUB) ikut andil dalam pengembangan bisnis UMKM. Mereka berupaya membantu pelaku UMKM yang ada di Subang dalam aspek sistem informasi.

Puluhan UMKM telah dibantu oleh mahasiswa dalam pengembangan bisnisnya. Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer ini membantu UMKM dari aspek sistem informasi produksi produk, penjualan hingga pengelolaan keuangan.

Berbagai karya mahasiswa tingkat 1 dan 2 itu dipamerkan dalam sebuah kegiatan "Project dan Tikbiru 

Days (Pameran Karya Inovasi Hasil Project dan Wirausaha Mahasiswa Teknologi Informasi dan Komputer) pada Kamis (4/7) di Kampus 2 POLSUB.

Tak hanya didominasi karya berupa sistem informasi yang membantu pengembangan bisnis UMKM, ada juga inovasi lain seperti sistem informasi monitoring kualitas air berbabis web engan integritas IOT, alat pengukur intensitas air dan sensor gerak untuk kesadaran keselamatan pengunjung pantai berbabis web of things dan berbagai inovasi lainnya.

Total ada 50 karya yang dipamerkan dalam acara yang bertemakan "Show off Your Creativity To Support Industry 5.0" itu.

Sekretaris Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer POLSUB Rian Piarna SE MM mengatakan, tak hanya UMKM yang dibantu dari pengembangan sistem informasinya, ada juga dua industri dari Bandung dan Purwakarta. 

Dua industri ini mempercayakan mahasiswa POLSUB untuk terlibat aktif dalam project mereka yang berkaitan dengan pengembangan bisnis berupa e-commerce.

Direktur POLSUB, Oyok Yudiyanto ST MT mengatakan, pameran karya ini adalah momentum mahasiswa untuk menunjukkan kreativitasnya. Sehingga kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa.

Menurut Oyok, pameran karya merupakan pembiasaan bagi mahasiswa untuk melakukan inovasi. Pembiasaan ini diharapkan terbawa hingga di dunia kerja nanti.

"Saat ini mahasiswa belajar untuk menemukan sebuah permasalahan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam sektor bisnis kita perlu mengembangkan dari sisi sistem informasinya," ungkap Oyok yang membuka acara tersebut.

Dia menuturkan, kehadiran mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi dan Komputer dapat memberikan manfaat bagi pengembangan UMKM. Dalam pameran karya ini, telah dibuktikan oleh mahasiswa yang membantu UMKM.

Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan POLSUB, Wiwik Endah Rahayu STP MSi mengatakan, kegiatan pameran karya saat ini merupakan implementasi dari program Project Based Learning (PBL). 

"Saat ini mahasiswa tidak hanya pembelajaran di kelas mendengarkan materi saja. Mahasiswa sekarang lebih belajar sendiri, mengembangkan, belajar dari industri. Sehingga dengan begitu banyak karya yang mereka hasilkan, yang harapannya untuk UMKM maupun industri," jelasnya.

Salah satu mahasiswa, Trianti Dwi Mulyani  mengaku senang dengan adanya kegiatan pameran karya ini. Mahasiswa semester 2 ini baru pertama kalinya mengikuti kegiatan tersebut.

"Jadi kita itu tuh ke lapangan, mencari mitra bisnis yang perlu kita bantu kembangkan pengelolaan bisnisnya dari aspek sistem informasi. Nah kami membantu UMKM dalam hal sistem informasi pengelolaan keuangannya," katanya.(ysp)

Tag :

Berita Terkait